PFI Berbagi Ilmu dengan Humas Polres Bogor Ulik Foto dan Tulisan 

0 95

Heibogor.com – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor menggelar pelatihan Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) kepada tim Humas Polres Bogor di Aula Sanika Satyawada, Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (14/4/21).

Kapolres Bogor, AKBP Harun mengatakan pelatihan ini sebagai salah satu upaya peningkatan kinerja tim Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Bogor sebagai penyalur informasi kepada masyarakat agar memberikan informasi yang lebih mudah dipahami.

“Pelatihan ini sangat penting, apalagi sebagai penghubung informasi kepada masyarakat. Bagaimana cara memotret yang bagus, berita penulisan yang menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat. Agar kita memberikan informasi yang aktual dan faktual kepada masyarakat,” kata Harun.

Sekretaris PFI Bogor sekaligus Pemateri PID, Kelik Widiartono memaparkan bahwa pelatihan dilaksanakan secara dua tahap. Tahap pertama, pengenalan mengenai dasar materi dan tahap kedua yakni praktik secara langsung dan proses kurasi dari karya yang dihasilkan tim Humas Polres Bogor.

Menurutnya dalam kehumasan banyak hal yang harus diperhatikan dan dipahami. Apalagi dalam bentuk foto, di mana setiap orang yang melihat harus dapat memahami informasi di dalamnya. Ini kenapa pelatihan dinilai penting sebagai bekal utama tim humas.

“Pelatihan kali ini banyak materi yang dipaparkan terkait kehumasan dan bagaimana tim humas dapat meningkatkan kemampuan foto agar dapat dipahami informasi di dalamnya oleh masyarakat,” jelas Kelik.

Di samping itu, masih kata Kelik, penting setiap humas mampu memahami medan atau lapangan kerja dan berkomunikasi dengan berbagai pihak agar terciptanya keserasian menyampaikan informasi dari tim humas dan media sampai ke masyarakat.

Serupa, Pemateri PFI Bogor lainnya Arif Firmansyah mengatakan pentingnya pelatihan dan eksplorasi lebih lanjut bagi tim humas. Mengingat tim humas berperan penting menyampaikan informasi secara detail dan beragam kepada masyarakat.

“Pelatihan ini untuk membentuk kemampuan tim humas agar karya yang diciptakan tidak selalu monoton. Mereka harus pandai eksplorasi untuk menciptakan karya yang beragam. Karena berbagai media yang mempublikasikan paling tidak memiliki ragam pilihan karya dari tim humas dan tidak selalu sama,” tandas Arif.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.