Bank Kota Bogor Gandeng Emditek Salurkan Kredit untuk UMKM Lewat Epay7

0 34

Heibogor.com – Perumda Bank Kota Bogor melakukan penandatangan kerjasama sistem software dan aplikasi penilaian kredit dengan PT Media Dimensi Teknologi Indonesia (Emditek). Penandatangan kerjasama dilakukan di kantor Perumda Bank Kota Bogor, Jalan RE. Martadinata, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, belum lama ini.

Direktur Utama Perumda BPR Bank Kota Bogor, Ibrahim menuturkan, kerjasama ini, untuk memperkuat kemampuan Bank Kota Bogor, dalam menyalurkan kredit kepada sekitar 24.000 pedagang UMKM di Bogor. Di mana, Perumda BPR Bank Kota akan memakai aplikasi atau sistem perangkat lunak milik Emditek yakni digital Epay7.

Dengan teknologi ini, BPR Bank Kota Bogor, dapat meningkatkan kapasitas dan kecepatan proses analisa kredit menjadi setidaknya 30 persen lebih tinggi. Dengan dukungan aplikasi tersebut, pihaknya menjadi semakin optimis dalam melayani masyarakat di Kota Bogor khususnya pedagang UMKM di pasar-pasar.

“Potensi pasar di Kota Bogor cukup besar. Untuk menjalankan fungsi utama kami sebagai banknya pengusaha menengah, kecil dan mikro khususnya di pasar-pasar tradisional, sudah waktunya ada terobosan berupa sistem digital sehingga kami mampu bersaing dengan perusahaan fintech yang menjamur terutama para rentenir,” tegas Ibrahim, Senin (12/4/21).

Ibrahim mengungkapkan, Kota Bogor merupakan kota padat penduduk sehingga pendapatan dari sektor perdagangan dan pendukung pariwisata cukup besar. Diperkirakan ada sekitar 24.000 pedagang/pengusaha UMKM di Kota Bogor.

Sebagian besar dari UMKM ini, belum tersentuh oleh bank atau disebut juga unbankable, baik karena ada di sektor informal atau karena tata cara perdagangannya yang tidak tercover oleh sistem perbankan. Banyak dari mereka yang jadi tergantung kepada pinjaman tanpa agunan dan rentenir dengan bunga super tinggi untuk mendapatkan modal.

“Dengan terobosan ini, kami akan mampu meningkatkan nilai penyaluran kredit kepada pengusaha UMKM dan para calon debiturnya sehingga mereka akan mendapatkan sumber dana yang lebih murah. Dengan demikian program inklusi keuangan di Kota Bogor akan berjalan efektif. Di samping itu, kinerja Bank Kota Bogor juga akan meningkat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dari manager hingga officer di bagian kredit sudah dilatih menggunakan aplikasi berbasis web dan smartphone ini. Di harapkan setelah pelatihan itu, mereka siap menggunakan sistem yang akan diimplementasi di sistem data Bank Perkreditan Rakyat milik Kota Bogor ini.

Sementara, Chief Executive Officer (CEO) Emditek, Yudi Kusman menjelaskan, Epay7 merupakan aplikasi milik Emditek yang dikembangkan untuk mendukung kegiatan perbankan khususnya BPR yang menggunakan standar tujuh parameter untuk menilai kelayakan calon debitur. Yudi melanjutkan, bahwa seluruh proses analisa tersebut berbasis digital sehingga akan mempermudah, mempercepat bahkan meningkatkan kemampuan Bank Kota Bogor dalam menyalurkan kredit.

“Dengan menggunakan sistem ini, Bank Kota Bogor akan mampu melakukan proses analisa kredit lebih cepat dan lebih akurat. Ini artinya Bank Kota Bogor akan mampu meningkatkan kapasitas pemberian kredit hingga setidaknya 30 persen lebih tinggi dari sebelumnya serta sekaligus meningkatkan kualitas debitur,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.