Jelang Ramadan Peziarah Ramai Padati TPU Cirimekar

0 54

Heibogor.com – Kawasan pemakaman ramai dikunjungi para peziarah menjelang bulan Ramadan untuk mendoakan almarhum keluarga meski masih dalam pandemi Covid-19.

Salah satunya yakni TPU Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor ramai dipadati peziarah sejak Minggu (11/4/21) pagi. Tradisi ziarah kubur atau Nyekar merupakan salah satu tradisi umat islam sebelum datangnya bulan Ramadan.

“Hari ini bisa dikatakan menjadi puncak ziarah karena di hari Minggu semua bersama keluarga dateng berziarah,” kata Kepala pengurus TPU Cirimekar, Ali Syachrul (55).

Ali mengatakan sekitar ratusan peziarah datang ke kawasan pemakaman dengan menerapkan protokol kesehatan. Meski masih dalam situasi pandemi, tidak menyurutkan niat mereka untuk mengirim doa kepada almarhum.

“Alhamdulillah tahun ini sangat ramai peziarah, mereka ingat dengan keluarganya mengirim doa sebelum ibadah puasa terlepas dari pandemi yang penting mereka niat mendoakan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Nyekar tahun ini berbanding terbalik dengan tahun sebelumnya. Menurutnya, Nyekar tahun lalu sangat sepi dari peziarah lantaran beberapa peziarah masih takut akan pandemi.

“Tahun ini lebih ramai, kalau tahun lalu itu sangat sepi tidak seperti sekarang yang padat,” jelasnya. Meski begitu, ia selalu mengimbau peziarah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan karena di kawasan pemakaman ramai kunjungan peziarah.

“Saya selalu imbau peziarah untuk tetap pakai protokol kesehatan, pakai masker, sedia masker cadangan dan cuci tangan sebelum masuk,” tutupnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.