Kelurahan Katulampa Banyak Kasus Balita Kurang Gizi

Reses Jenal Mutaqin

0 73

Heibogor.com – Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Jenal Mutaqin melakukan reses masa sidang kedua tahun 2021. Di hari pertama, politisi Gerindra ini melakukan reses di Kampung Pasir RT 02/RW 07 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kamis (8/4/21).

“Di masa reses sidang kedua, dari tiga hari ini, satu hari saya sempatkan berkeliling ke Kelurahan Katulampa dengan tujuan saya ingin memastikan apa betul atau tidak ada anak balita yang kurang gizi dan ternyata faktanya saya melihat secara langsung ada 13 balita yang masih mengalami stunting atau kurang gizi dalam satu RW,” kata Jenal.

Pria yang akrab disapa JM ini mengatakan, hasil peninjauan ini akan ia sampaikan kepada wali kota bahwa hal ini, tidak hanya di Kelurahan Katulampa tapi di daerah lain di Kota Bogor ini, balita yang stunting masih dipandang sebelah mata.

“Hari ini, kita terfokus hanya pada covid sementara stunting terabaikan. Ini harus dibuat satu kebijakan atau program khusus yang berkelanjutan. Di mana, setiap bulan ada rutinitas pemberian gizi dan protein khusus anak-anak balita stunting sampai targetnya balita stunting di Bogor Timur atau se-Kota Bogor menurun,” harapnya.

Sementara, Lurah Katulampa Eka Deri menambahkan, penyebab stunting ini bisa beberapa faktor seperti dari pola asuh orangtuanya dan kondisi keluarga. Karena kekurangan protein, apa yang dibutuhkan oleh mereka jelas seperti susu, daging, atau telor dan lain-lain yang mengandung protein yang tinggi.

Sementara dari sisi pihak puskesmas, kelurahan serta kecamatan itu rutin ke wilayah. Di Kelurahan Katulampa ada 21 RW. Yang terdapat stunting ada sekitar 8 RW. Di RW 07 ini yang paling banyak.

“Ini terus kita pantau. Bulan depan kita pantau lagi apakah ada peningkatan atau tidak. Karena itu yang menjadi fokus kita di wilayah sebagaimana visi misi Kota Bogor yakni mewujudkan Kota Bogor yang sehat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Jenal yang didampingi Lurah Katulampa Eka Deri, Sekcam Bogor Timur Rena Da Frina dan para kader posyandu membagikan susu dan telur kepada sejumlah balita yang membutuhkan tambahan gizi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.