Dinkes: Jangan Ragu Suntik Vaksin! Dijamin Aman dan Berkualitas

0 50

Heibogor.com – Vaksinisasi Covid-19 sudah berjalan selama satu bulan lamanya sejak gelombang pertama akhir Januari lalu. Meski demikuan, tak sedikit masyarakat yang masih meragukan kualitas vaksin. Apalagi dengan beredar kabar puluhan ribu vaksin palsu tersebar di Afrika Selatan dan China.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor dr. Dedi Syarif memastikan bahwa vaksin yang didistribusikan pemerintah pusat aman dan berkualitas. Apalagi di dukung dengan penyimpanan vaksin yang sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP) yang berlaku.

“Vaksin ini dijamin aman dan berkualitas karena kita tidak sembarangan untuk menjaga kualitas vaksin sampai ke penerima. Gudang penyimpanan vaksin di Dinkes sendiri sangat ketat sesuai SOP agar tidak adanya penurunan kualitas,” kata Dedi, Senin (8/3/21).

Dedi menyebut, khusus di Dinkes Kabupaten Bogor memiliki 15 cold chain atau termos khusus vaksin yang dapat menampung puluhan ribu dosis vaksin. “Kita siapkan satu ruangan khusus penyimpanan vaksin. Terbukti 25.600 dosis tahap pertama kita bisa jaga kualitas dan saat ini 7.730 vial multi dose kita jaga kualitasnya,” jelas Dedi.

Vaksin yang didistribusikan ke 151 fasyankes di Kabupaten Bogor tersebut dipastikan tidak memiliki gangguan terhadap kualitas. Lantaran, mulai dari penyimpanan di Dinkes, proses distribusi hingga penyimpanan kembali di masing-masing puskesmas kembali dilakukan pemantauan kualitas setiap harinya.

Dedi merinci, setiap puskesmas di Kabupaten Bogor itu minimal memiliki 1 vaksin carrier atau cold box yang sangat dijaga kualitasnya. Karena suhu dalam cold box dan cold chain harus bersuhu 2 sampai 8 derajat celcius.

“Bila lebih atau kurang dari suhu itu, kemungkinan akan ada kerusakan atau berkurang efikasinya. Ketika ada kerusakan dan perubahan terhadap vaksin otomatis kita tidak akan pakai karena tergolong rusak. Dan itu tidak ada, karena penjagaan kualitas kita sudah baik,” papar Dedi.

Dedi mengimbau agar setiap masyarakat tidak perlu ragu untuk divaksin apalagi belum ditemukan kasus usai divaksin. Selama kualitas vaksin terjaga, maka efikasi penerima vaksin juga akan terjamin termasuk dalam penularan Covid-19.

“Vaksin ini pun tidak sembarangan, sudah berdasarkan kajian laboratorium, klinis sampai presentase manfaat efikasinya. Jadi tidak perlu ragu untuk suntik vaksin,” tutupnya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.