Pusdiklatwas BKPP Ciawi Gantikan BNN Lido Jadi Pusat Isolasi Pasien Covid-19

0 78

Heibogor.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menjalin kerjasama  dengan Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan (Pusdiklatwas) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan  (BPKP) Ciawi sebagai pusat isolasi pasien Covid-19 non rumah sakit di Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (4/3/21).

Penambahan tempat baru isolasi tersebut dilakukan karena berakhirnya penggunaan gedung Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Badan Narkotika Nasional (BNN) Lido sekaligus berakhirnya kerjasamanya sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) pada bulan Maret ini.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan bahwa BPKP Ciawi merupakan tempat yang lebih dari layak untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan. “Tempat ini lebih dari layak, sangat baik, dan ideal. Baik dari segi jarak dari Bogor tidak terlalu jauh, maupun kesiapan hasil tesis ini untuk menjadi tempat isolasi OTG,” ujar Bima Arya setelah meninjau ruangan BPKP, Kamis (4/3/21).

Bima menambahkan, BPKP ini memiliki 64 kamar, satu kamar ada 2 tempat tidur jadi total ada sebanyak 128 bed, jadi memadai untuk menggantikan BNN Lido. Meskipun demikian, tingkat keterisian tempat tidur di Kota Bogor cukup baik angkanya rendah meski tetap harus berjaga-jaga. “Kita tidak pernah tahu akan ada lonjakan kedua atau bagaimana jadi tetap harus ada fasilitas isolasi untuk pasien tanpa gejala dan harus ada juga rumah sakit-rumah sakit yang memang difokuskan untuk ruang isolasi,” imbuhnya.

Sementara, Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh mengucapkan terimakasih karena telah diberikan kesempatan untuk ikut berkontribusi dalam menghadapi Covid-19. “Saya atas nama BPKP berterimakasih atas kesempatan ini, untuk bisa berkontribusi, untuk membantu Pemkot Bogor dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ucapnya.

Ateh pun mempersilahkan Pemkot Bogor untuk menggunakan BPKP sampai batas waktu yang diperlukan. “Jadi silahkan mau pakai sampai kapan saja bahkan sampai selesai pandemi ini. Jadi kami senang bisa berkontribusi dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Bogor,” tutupnya.

(Mg/Devina)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.