Waspada!Pelaku Curanmor Beraksi Incar Area Pertokoan Siang Hari

Pengendara Diminta Miliki Kunci Ganda

0 49

Heibogor.com – Sebanyak 60 tersangka pencurian sepeda motor (curanmor) diamankan Polres Bogor dalam Operasi Jaran Lodaya 2021 selama 22 Februari hingga 3 Maret 2021 di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (4/3/21).

“Kita amankan sebanyak 124 kendaraan roda dua, termasuk senjata tajam, 2 unit gagang kunci T, 19 mata kunci T, handphone 7 unit sampai 2 pucuk senjata api rakitan,” kata Kapolres Bogor, AKBP Harun di Mapolres Bogor.

Harun mengungkap dari puluhan tersangka mayoritas berasal dari wilayah Sumatera seperti Lampung dan Palembang. Bahan satu sindikat curanmor yang terdiri dari 7 orang Target Operasi (TO) berhasil diamankan. Di mana setiap tersangka memiliki 3 jenis modus operandi dalam mencuri sepeda motor milik korban.

Pertama, mereka yang beroperasi dengan kunci T dengan sasaran motor yang terparkir di area parkir pertokoan, rumah makan. Kedua, mereka yang menyasar motor di dalam rumah dengan cara membobol jendela dan pintu pada malam hari.

“Ada juga yang menempel (merampok) korban secara langsung dan mengambil sepeda motornya. Mereka biasanya melakukan aksinya antara pukul 10.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB,” tambah Harun.

Sementara untuk tersangka lokal dari Bogor biasa menjual motor hasil curiannya kepada penadah IP (33) asal Cianjur dengan harga Rp3 juta sampai Rp4 juta.

Para tersangka dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 3e, 4e, 5e KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sementara, para penadah dikenakan pasal 481 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

“Kemudian tersangka perampasan dengan kekerasan kita kenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara,” jelasnya.

Harun mengimbau agar warga lebih waspada dalam memarkirkan kendaraannya, apalagi untuk area pertokoan karena tersangka curanmor biasa melakukan aksinya saat siang hari. “Kita imbau masyarakat harus lebih hati-hati, gunakan kunci ganda dan selalu awasi kendaraan yang terparkir,” tutup Harun.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.