Mobilitas Warga Tinggi Bojonggede Rawan Penularan Covid-19

0 75

Heibogor.com – Bupati Bogor, Ade Yasin sempat menyebut wilayah perbatasan seperti Bojonggede, Cibinong, Gunungputri dan Cileungsi lebih rawan penyebaran Covid-19 karena mobilitas masyarakatnya lebih besar ketimbang wilayah lain.

Menanggapi hal itu, Camat Bojonggede membenarkan bila wilayahnya termasuk rawan penyebaran Covid-19 karena mayoritas warga Bojonggede bekerja di Jakarta.

“Bila melihat peta sebaran Covid-19 di Bojonggede memang ada beberapa wilayah yang rawan seperti wilayah Desa Ragajaya dan Desa Bojonggede karena rata-rata komplek perumahan dan yang tinggal di situ kerja di Jakarta,” ujar Dace, Selasa (2/3/21).

Ia menyebut berdasarkan data puskesmas setempat, banyak mereka yang terpapar merupakan PNS yang tinggal di perumahan wilayah tersebut, setiap harinya mobilitas ke Jakarta untuk bekerja sehingga tidak heran termasuk dalam wilayah yang rawan penularan Covid-19.

Di samping itu, pendataan pasien Covid-19 di perumahan dinilai lebih baik dari pada perkampungan karena pasien lebih aktif melapor sehingga terdata. “Mereka itu penghuni perumahannya rata-rata PNS, tapi memang di perkampungan pasti ada yang terpapar cuma tidak seaktif perumahan, mereka tidak melapor kalau terpapar,” jelas Dace.

Dace mengungkap sejauh ini selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat mikro, untuk wilayah RT/RW termasuk zona kuning bukan merah lantaran hanya beberapa rumah yang terdeteksi memiliki pasien Covid-19.

“Sekarang kan PPKM Mikro, memang sebaran Covid-19 tersebar di mana saja tapi rata-rata per RT itu hanya 1 sampai 5 rumah yang ada pasiennya. Jadi masuk zona kuning. Tidak zona merah, karena yang 6 sampai 10 rumah ada pasien, tidak ada,” paparnya.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan wilayah perbatasan seperti Bojonggede, Cibinong, Gunungputri dan Cileungsi rawan penyebaran Covid-19. Pasalnya, warga di wilayah perbatasan tersebut memiliki tingkat mobilitas lebih tinggi ketimbang wilayah lain.

“Tetap potensi penularan nasih ada. Khususnya daerah penyangga, hingga daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan kota dan kabupaten tetangga kita seperti Bojonggede, Cibinong, Gunungputri dan Cileungsi. Ini masih rawan penularan,” kata Ade.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.