Jalur Rumpin Bakal Dibangun Jalan Tol Urai Macet Kendaraan Tambang

0 67

Heibogor.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana membangun jalan tol di area pertambangan Bogor Barat untuk mengurai tonase pengangkut tambang di jalan umum.

“Ada kabar dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), bahwa nanti akan ada jalan tol dari Serpong ke Rumpin. Itu digunakan untuk kendaraan pengangkut tambang,” kata Pejabat Fungsional Analis Lalu Lintas Dinas Perhubungan Jawa Barat, Yudi Rahmat usai rakor di Ruang Rapat Wakil Bupati, Cibinong, Selasa (2/3/21).

Selama ini diketahui kendaraan pengangkut tambang selalu melewati jalan umum atau jalan warga menyebabkan kondisi jalan cepat rusak berlubang dan menjadi masalah kemacetan serta polusi debu beberapa tahun ke belakang. Nantinya dengan ada jalan tol tersebut, kendaraan tambang tidak lagi melewati jalan umum.

Tol tersebut, kata Yudi, merupakan alternatif yang diberikan BPJT kepada Pemprov Jawa Barat maupun Pemkab Bogor yang rencananya dilakukan pelelangan mulai Maret 2022. “Rencananya Maret tahun depan sudah mulai lelang tol Serpong sampai Parung,” katanya.

Serupa, Kabag Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Ajat R Jatnika memaparkan dalam rapat bersama BPTJ tersebut pihaknya sudah menyiapkan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) untuk jalur tambang.

“Masing-masing sudah punya rencana dan sudah membuat FS dan DED untuk jalur tambang, tahun 2021 mereka BPTJ lebih serius menata dan 2022 akan dibangun,” jelas Ajat.

Ajat bahkan mengungkap proyek tersebut memiliki nama JOR 3 mulai dari Serpong ke Parung-Bogor-Sentul-Karawang Barat.

“Menjadi krusial bagi penyelesaian jalan tambang, karena trasenya yang ditarik lewat Rumpin kemudian ke Parung dengan jarak bukaan tol ke Rumpin kurang lebih satu kilo. Kalau misalnya skenario itu sepakat menggunakan jalan tol dari Serpong ke Rumpin, harus dibuka kurang lebih 6 kilo,” paparnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.