Kawasan Stadion Pakansari Banjir DPUPR Salahkan PKL

0 73

Heibogor.com – Diguyur hujan deras kawasan pedestrian di Jalan Edy Yoso kawasan Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor sempat banjir pada Minggu (28/2/21) sore akibat. Padahal proyek pedestrian tersebut baru saja rampung Februari kemarin dan menyebabkan banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor, Soebiantoro menanggapi hal tersebut. Menurutnya, banjir terjadi akibat tumpukan sampah yang menyumbat drainase hingga banjir.

“Jadi banjir itu akibat drainase tersumbat, sampah-sampah masuk ke dalam dan rata-rata semua titik tersumbat,” kata Soebiantoro kepada wartawan, Senin (1/3/21).

Pria yang akrab disapa Bibin ini mengatakan banyak jenis sampah yang menyumbat drainase pedestarian senilai Rp23,8 miliar tersebut. Bahkan, ia menyebut banyak sampah yang menyebabkan banjir ulah Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Banyak sampah seperti daun-daun dan plastik. Itu karena PKL buang sampah sembarangan. Jadi kalau ketutup sampah tidak mengalir,” jelas Bibin.

Bibin berkilah bila banjir sudah sering terjadi di kawasan tersebut sebelum Jalan Edy Yoso dibuat pedestrian yang menjadi ikon baru penataan kawasan Cibinong Raya. Ia pun menilai banjir terjadi bukan karena ukuran drainase yang kecil melainkan sampah dari para PKL.

“Banjir itu biasa, tadi pagi sudah dicek dan PUPR koordinasikan dengan DLH, dibersihkan sampah yang menyumbat di dalam drainasenya,” pungkasnya.

Terpisah, Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho mengklaim banjir bukan disebabkan oleh sampah PKL di kawasan tersebut, lantaran selama pemberlakuan PSBB/PPKM sudah tidak ada lagi PKL yang berjualan. Menurutnya, bukan PKL yang menjadi aktor utama mengapa kawasan yang menjadi ikon Cibinong tersebut banjir.

“Itu sudah enggak ada PKL, disepanjang jalan PKL sudah kita bersihkan. Bahkan Sabtu dan Minggu saja kita tutup. Kemudian setiap hari juga sedikit hanya satu atau saja. Tidak seperti dulu yang ramai,” bebernya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.