Dari Secangkir Kopi Komunitas Kopi Bogor Ajak Sejahterakan Petani Kopi

0 100

Heibogor.com – Adalah Komunitas Kopi Bogor yang terbentuk pada 10 Mei 2016 yang terbentuk tanpa sengaja ketika saat para pemilik coffee shop berkumpul dan menuaikan visi misi mereka. Hingga akhirnya dari hobi dan kesibukan yang sama itu komunitas yang diketuai oleh Naufal Iza Aberdeen itu resmi menjadi wadah para penikmat maupun pecinta kopi.

Dalam perjalanannya, komunitas ini diwarnai oleh suka dan duka. Sekumpulan orang yang memiliki jiwa yang tinggi di dunia kopi ini memiliki satu ide dan misi yang sama, yaitu untuk melahirkan budaya ngopi di Indonesia. Komunitas ini juga pernah mengadakan event terbesar di Kota Bogor, yaitu membagikan 1000 cup kopi untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis pada 2 Oktober 2016 dan 2 Oktober 2018 untuk memperingati Hari Kopi Internasional setiap tanggal 1 Oktober.

Hal ini dilatarbelakangi oleh komunitas yang melihat banyak dampak positif dari budaya ngopi ini. Dampak positif terdiri dari banyak aspek seperti kesehatan sosial dan dalam hal mengapresiasi sesuatu dari hulu ke hilir.

“Kami juga mengedukasi masyarakat tentang khasiat kopi baik dari rasa, kadar kafein, hingga dalam bentuk apresiasi. Terdapat banyak tangan yang ikut terlibat dari secangkir kopi yang tersajikan, mulai dari petani kopi, penjual biji kopi, sentuhan tangan barista yang memproduksi kopi, hingga rasa yang dihasilkan,” ucap Iza, Kamis (18/2/21) kepada heibogor.com di sela-sela kegiatannya di kedai kopi Barqoffee di Jalan Perumahan Bogor Baru No.4, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Iza juga mengatakan bahwa salah satu misi dari terbentuknya komunitas ini adalah untuk meninggikan nilai industri petani. Selain itu, Iza juga ingin membesarkan nama petani kopi. Selain dari itu, Komunitas Kopi Bogor mengalami fase vacum di saat pandemi ini. Event-event dan kampanye yang tadinya sering digaungkan untuk mengedukasi masyarakat tentang kopi, kini tertunda semenjak pandemi Covid-19.

Komunitas Kopi Bogor juga ingin menghidupkan kembali nilai dan kehidupan kopi di Bogor pada saat pandemi. Komunitas ini berharap dari nilai yang digaungkan olehnya, bisa diaplikasikan kepada masyarakat untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, saat ini Komunitas Kopi Bogor sedang merancang kampanye-kampanye mereka kembali.

“Kopi ini valuenya besar banget. Masyarakat dapat mengapresiasi banyak hal pada aspek kehidupan melalui edukasi dari budaya ngopi ini. Selain itu, kualitas kopi di Indonesia juga sangat layak untuk bersaing dalam lingkup internasional,” ucap penikmat kopi yang juga anggota Komunitas Kopi Bogor, Irvan Abalain.

Dia menuturkan, hampir 90 persen coffee shop yang berada di Bogor, tergabung dalam komunitas ini dan memiliki idealis dan visi yang sama dalam edukasi kopi pada masyarakat. Untuk mempertahankan nilai kopi selama pandemi pun bersama-sama mengajak para pelaku kopi dalam komunitas ini untuk mengkaji lebih dalam pada manfaat kopi dan budaya ngopi ini.

“Selain itu, kami juga sedang merancang kembali kampanye pada Komunitas Kopi Bogor. Sehingga dalam jangka waktu dekat kami akan memulai kembali aktivitas komunitas ini,” tambah Iza yang diamini rekan lainnya.

(Mg/Ilham)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.