Dari Hobi Nulis Anwar Ciptakan Hibrkraft, Buku Jurnal Unik Berbahan Kulit Asli

Cita-cita Bisa Naik Haji, Pesanan Sudah Sampai Mancanegara

0 64

Heibogor.com – Dari hobi menulis sejak kecil Ibrahim Anwar yang akrab disapa Anwar pemuda kelahiran Jakarta, 15 April 1992 itu memiliki hobi apapun yang menurut nya menarik dan penting dia akan selalu tulis dibuku catatan nya seperti menulis catatan belanja dan juga tentang keseharian nya.

Dari hobi nya itu, Anwar mulai merintis membuat handmade Jurnal saat awal kuliah pada tahun 2011. Kemudian pada tahun 2013 Anwar mulai mendirikan usaha bernama Hibrkraft. Hibrkraft sendiri berartikan akronim yaitu kependekan dari namanya, Hibr itu Haji Ibrahim sedangkan Kraft itu kerajinan tangan, kata dari Haji sendiri merupakan cita-cita Anwar yang ingin menjadi seorang Haji.

Usaha hibrkraft ini tidak berjalan dengan mulus seperti yang diharapkan nya, Anwar harus jatuh bangun dahulu sampai akhirnya usaha yang dirintis nya bisa dibilang sukses seperti sekarang ini. Karena menurut Anwar sukses itu tidak memiliki batasan ujungnya.

“Karena waktu itu butuh buku catatan dan cuman megang uang Rp 20ribu sedangkan harga buku catatan waktu itu Rp 17 ribu, akhirnya saya mencoba untuk membuat buku catatan sendiri dari uang Rp20 ribu itu dan bisa menghasilkan 3 buku catatan. Dari hasil handmade buku jurnal yang dibuat saya coba jual dan dalam sebulan hanya laku 2-5 buku saja waktu itu,” ungkap Anwar yang kini berusia 28 tahun itu.

Kulit sintesis untuk bagian cover dan itu sebagai daya tarik yang unik dari handmade buku jurnal itu sendiri sedangkan untuk isi dari kertas. Zhaza/heibogor.com

Handmade buku jurnal umumnya terbuat dari kulit asli, kulit sintesis untuk bagian cover dan itu sebagai daya tarik yang unik dari handmade buku jurnal itu sendiri sedangkan untuk isi dari kertas.

Ukuran buku handmade jurnal dari 2cm x 3cm sampai 1m x 60cm, rata-rata ukuran jurnal yang paling laku itu ukuran 18cm x 13cm atau hampir setara dengan B6 dan untuk harga buku jurnal handmade berkisar dari Rp2  ribu – Rp 1juta. “Untuk membuat ukuran buku catatan nya itu bukan hanya sekedar bikin tapi dari pengalaman saya saat menggunakan buku catatan tersebut,” ucapnya.

Konsep yang diterapkan dalam produksi hanya made by order atau dibuat saat ada yang pesan serta untuk saat ini dan hanya ada beberapa item yang ready stok. Dalam satu bulan dengan kapasitas full dapat menghasilkan sampai 5.000 buku jurnal pre order.

Hibrkraft sendiri berartikan akronim yaitu kependekan dari namanya, Hibr itu Haji Ibrahim sedangkan Kraft itu kerajinan tangan. Zhaza/heibogor.com

Handmade buku jurnal hibrkraft sudah terjual di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke bahkan juga sudah terjual sampai keluar negeri seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, United Emirates Arab, Jerman dan Belanda. Menurut Anwar support dari kedua orangtuanya sangat lah penting baginya dalam membangun usaha hibrkraft ini.

Saran untuk orang-orang yang ingin membangun usaha kuncinya yaitu sabar dan rajin karena menurut Anwar semua orang kreatif tapi nggak semua orang itu rajin entah itu dalam kerja atau usaha. Dan harapan Anwar untuk hibrkraf kedepannya ingin Hibrkraft bisa lebih besar lagi dan bisa membuat aplikasi untuk mendigitalisasi jurnal agar bisa sinkron dengan gadget.

Hibrkraft memasarkan produknya melalui media sosial Instagram @hibrkraft dan juga melalui websitenya hibrkraft.com atau bahkan bisa langsung datang ke tempat nya di Jalan Masjid Assalam Jalan Raya Parakan Jati Jalan Tanggul No.08, RT.02/RW.03, Susukan, Bojong Gede,  Kabupaten Bogor.

(Mg/Zhaza)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.