Danrem 061/SK Cek Pengolahan Air Bersih Tirta Pakuan, Ajak Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

0 110

Heibogor.com – Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi mengapresiasi Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor atas pelayanan air bersih kepada masyarakat Kota Bogor. Orang nomor satu di jajaran Komando Resimen Bogor itu mengagumi sistem pengolahan air yang dikembangkan Tirta Pakuan hingga disalurkan kepada 165.823 pelanggan.

Brigjen Achmad bersama Kasie Operasi Letkol Inf Sigit, Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol (inf) Sukur Hermanto beserta para Danramil mengunjungi Intake Ciherang Pondok, IPA Dekeng, IPA Cipaku dan Reservoir Pajajaran, Kamis (11/2/21) pagi.

Danrem mendapatkan penjelasan sistem pengolahan air bersih dari air baku Sungai Cisadane yang masuk ke intake Ciherang Pondok, lalu diolah di IPA Dekeng dan IPA Cipaku. Air bersih didistribusikan ke pelanggan zona III melalui penampungan 4.000 M3 (4 juta liter) dan 9.000 M3 di Reservoir Cipaku serta Reservoir Pajajaran kapasitas 12.000 M3 untuk pelanggan di zona IV.

“Luar biasa, Tirta Pakuan mampu memproduksi air bersih 2.400 liter perdetik untuk 160 ribuan pelanggan di Kota Bogor. Itu kalau normal, kalau lagi hujan bisa turun 900-1.000 liter perdetik karena ada endapan lumpur dan sampah. Jelas ini akan ada gangguan di masyarakat,”kata Brigjen Achmad.

Jenderal bintang satu itu mengingatkan masyarakat agar menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menggiatkan penanaman pohon untuk menghindari longsor di daerah aliran sungai (DAS). “Kalau banjir, aliran airnya akan membawa lumpur dan sampah. Ini akan berpengaruh pada sistem pengolahan air. Tentunya akan berpengaruh ke masyarakat juga,” ujar mantan Aspers Danpaspampres itu.

Danrem mengapresiasi pelayanan perusahaan air bersih milik Pemkot Bogor ini karena mampu menyediakan air bersih dengan baik ke pelanggan. “Air di kantor maupun rumah dinas saya juga bagus airnya. Memang kadang ada sedikit masalah, tapi itu karena pengaruh banjir. Makanya kita bersama-sama menjaga lingkungan,” lanjut Danrem.

Dia berharap Perumda Tirta Pakuan bisa terus menjadi perusahaan air bersih professional, sehingga warga Kota Bogor bisa terus menikmati layanan air bersih.  “Mari kita bekerjasama menjalankan tugas pokok ini. Tanpa kerjasama dan persatuan rasanya harapan itu sulit terwujud,” harap Danrem.

Sementara, Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan menyampaikan terima kasih atas kunjungan Danrem beserta jajarannya. Rino menyebut selama ini mendapat dukungan penuh dari Korem 061/SK karena statusnya sebagai objek vital Negara. “Perumda Tirta Pakuan dan Korem 061/SK sudah menjalin sinergitas yang sangat kuat, baik di bidang lingkungan, keamanan maupun olahraga. Mudah-mudahan sinergitas ini bisa terus terjalin untuk kemaslahatan masyarakat Kota Bogor,” tutup Rino. (**)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.