Hidupkan Kembali Cerita Rakyat dan Budaya Sunda Lewat Festival Dongeng Kang Kabayan

0 104

Heibogor.com- Yayasan Palataran Pakujajar Sipatahunan yang berlokasi di Jalan Loader No.2, RT04/RW11, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor mengadakan Festival Dongeng Kang Kabayan 2021. Festival ini dilakukan dengan cara memperlombakan dongeng Kang Kabayan.

Perlombaan ini dibuka dari tanggal 4 Februari hingga 31 Mei 2021. Festival ini melombakan dongeng Kang Kabayan dalam bentuk drama, stand up comedy, maupun dongeng, lalu disajikan dalam bahasa Sunda. Lomba yang tidak dibatasi oleh usia ini mengharuskan tiap peserta untuk membuat video dengan durasi maksimal tiga menit, lalu diuplad ke email palataranpakujajarsipatahunan@gmail.com. setelah itu video yang memenuhi kriteria akan diuolad ke akun Youtube Palataran Pakujajar Sipatahunan.

Ketua panitia acara, Yoga Krisman menuturkan bahwa salah satu tujuan inti dari mengadakan lomba ini adalah untuk menghidupkan kembali nilai kebudayaan dan cerita rakyat. Selain itu di masa pandemi ini Yoga juga berharap agar antusias masyarakat terhadap budaya Sunda tetap ada.

“Sejauh ini poster lomba baru kami sebarkan melalui media sosial. Lomba ini kami adakan untuk mempertahakan budaya Sunda, apalagi di masa pandemi seperti ini. Kami juga tidak mengadakan batas kuota berapa banyak peserta yang ikut,” ucap Yoga, Kamis (11/02/21). Hal ini juga didukung oleh Wirabrata Arifin (43) atau yang akrab dipanggil dengan Abob yang juga menjabat sebagai ketua yayasan Palataran Pakujajar Sipatahunan dan sekaligus menjadi juri.

“Sosok Kabayan sebenarnya kami angkat sebagai sosok cendikiawan. Saya berharap dari perlombaan ini akan menghasilkan generasi baru yang cinta dengan kebudayaan Sunda dengan sentuhan modern,” tandas Abob.

(Mg/Ilham)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.