Tak Semua Fasilitas Kesehatan Miliki Alat Donor Plasma Darah

0 38

Heibogor.com – Kebijakan pemerintah pusat soal pemberlakuan donor plasma konvalesen untuk penanganan Covid-19 diprediksi sukar dilakukan. Pasalnya, tidak semua fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) memiliki alat khusus untuk donor plasma konvalesen tersebut.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, dr Achmad Zaenudin mengatakan untuk Kabupaten Bogor sendiri hanya Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor yang memiliki alat khusus untuk donor plasma konvalesen tersebut.

“Setahu saya hanya PMI Kabupaten Bogor yang punya. Jadi kalau kita memaksakan untuk fokus pada plasma darah konvalesen akan sulit. Karena tidak semua fasyankes kita punya alat itu,” katanya, Rabu (27/1/21).

Belum lagi, katanya, secara umum vaksin lebih efektif untuk menangani Covid-19 ketimbang plasma darah meski keduanya sama-sama berguna sebagai metode penanganan pasien Covid-19.

“Sama-sama saja kegunaannya, hanya saja kalau vaksin lebih simpel. Kalau plasma darah konvalesen kan banyak tahapannya. Belum lagi kami harus mengurangi darah hingga menjadi plasma darah, alat juga masih terbatas, belum lagi kami harus mencari golongan darah yang sesuai, dan banyak tahapan lainnya,” terangnya.

Meski belum maksimal, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan PMI Kabupaten Bogor untuk tetap melakukan donor plasma darah konvalesen sebagai alternatif guna memenuhi kebutuhan ketersediaan plasma darah di Kabupaten Bogor.

“Jadi sambil kami mendistribusikan vaksin Covid-19, kami juga melakukan donor plasma darah konvalesen bersama PMI Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.