Musim Penghujan BMKG Minta Warga Waspada Bencana  hingga Mei 2021

0 26

Heibogor.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi, Situgede, Bogor mencatat saat ini sebagian besar wilayah di Indonesia terutama Jawa Barat tengah memasuki musim hujan sehingga masyarakat harus waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi, Hadi Saputra mengungkapkan peringatan waspada tersebut berlaku hingga berakhirnya puncak musim hujan pada April – Mei 2021.

Pantauan mengenai badai atau petir didaerah Bogor, Stasiun Klimatologi, Situgede, Bogor, Rabu (20/1/21). Pemantauan, Pengolahan data, dan pelayanan jasa dalam memprediksi cuaca dan iklim. (heibogor.com/Zhaza)

“Imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem yang menyebabkan bencana hidrometeorologis seperti banjir, banjir bandang, longsor, hujan lebat disertai kilat/petir dan jalan licin,” ungkapnya kepada heibogor.com, Jumat (22/1/21).

Bencana hidrometeorologis sendiri memiliki arti bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan juga iklim dengan berbagai parameternya. Ia mengatakan puncak musim hujan di wilayah Jawa Barat diperkirakan akan berlangsung hingga akhir Februari 2021.

BMKG meminta masyarakat untuk tetap waspada, berhati-hati terhadap bencana di manapun dan kapanpun dan juga bersiap untuk evakuasi dirinya ketempat yang lebih aman karena sifat dari bencana ini tidak bisa diprediksi.

(mg/Zhazha)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.