Fasilitas Umum Gunung Mas Rusak Berat Diterjang Banjir Bandang

0 67

Heibogor.com – Bencana banjir bandang di kawasan Puncak, Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor pada Selasa (19/1/21) membuat sejumlah fasilitas di lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII tersebut terdampak.

Berdasarkan data terkahir pada Rabu (20/1/21) pukul 13.30 WIB, banjir bandang menyebabkan empat rumah dan 1 warung di Blok C PTPN VIII rusak. Banjir juga merusak jembatan utama penghubung emplasment Rawa Dulang hingga terputus.

“Akibatnya 1 jembatan hanyut terbawa banjir dan 2 jembatan mengalami kerusakan,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin dalam keterangannya.

Di samping itu, fasilitas agrowisata Gunung Mas seperti 3 toilet camping ground rusak terendam dan hanyut. Selain merusak sejumlah fasilifas, banjir membuat 714 warga dari 180 KK diungsikan sementara ke penginapan yang ada di kawasan Gunung Mas.

“Rinciannya 223 jiwa dari Kampung Gunung Mas, 30 jiwa dari Kampung Rawa Dulang, 15 jiwa dari Kampung Cirohani, 416 jiwa dari Kampung Pensiunan dan 30 jiwa dari Kampung Citeko,” jelas Ade.

Banjir bandang disebabkan oleh longsoran gunung kecil radius 1km dari perumahan blok C PTPN VIII. Longsoran menutup aliran sungai dan menyebabkan banjir bandang bercampur dengan lumpur pada Selasa (19/1/21) sekitar pukul 9.15 WIB, secara berkala hingga pukul 12.00 WIB.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.