RS Lapangan GOR Pajajaran Resmi Dibuka, Bima Harap Angka Covid-19 Turun

0 73

Heibogor.com – Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto bersama Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim berserta Kepala Pusdiklat PB BNPB, Berton Panjaitan didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr.Sri Nowo Retno meresmikan gedung Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Kota Bogor, di area GOR Pajajaran, Jalan Pemuda, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Bukan tanpa alasan RS Lapangan dikebut pengerjaannya dan segera bisa dibuka bagi warga yang terindikasi virus Covid-19. Dalam kesempatan tersebut, Bima meminta agar seluruh warga mendukung dan juga bukan berarti dengan adanya RS Lapangan jumlah pasien Covid-19 terus naik.

“Justru karena angkanya naik terus kita perlu bangun dengan cepat RS Lapangan. Tiap waktu bahkan banyak warga yang mengadu pada saya ada keluarganya yang sampai meninggal karena ditolak rumah sakit karena ya itu selalu penuh,” ujar Bima kepada awak media usai peresmian, Senin (18/01/21).

Bima menyebutkan, hampir semua rumah sakit di Kota Bogor selalu penuh dalam menangani pasien Covid-19. “Dengan beroperasinya RS Lapangan ini saya kira bisa menjawab kebutuhan para pasien yang membutuhkan perawatan yang cepat dan efisien,” tambahnya.

Direktur RS Lapangan, dr Yeti Hariyati menjelaskan, RS Lapangan akan mengoptimalkan pelayanan bagi warga karena tenaga medis yang siaga pun secara khusus mengikuti standarisasi rumah sakit umum.

“Tenaga kesehatan ada 44 perawat, 10 dokter spesialis dan 11 dokter umum. Dengan fasilitas 56 kasur mandi 2 untuk Wanita dan lantai 3 untuk Pria, di UGD ada 8 kasur jadi total keseluruhan ada 64 kasur,” ujarnya.

Pihak rumah sakit, kata dia, sudah menetapkan peraturan untuk pasien yang positif Covid-19 akan melakukan perawatan selama 3-10 hari, apabila terjadi kasus meningkat pada pasien makan akan dirujuk ke RSUD Kota Bogor.

“Semua pasien yang ada di sini termasuk ke dalam kategori hijau atau kuning ringan, apabila selama pemantauan terjadi pemburukkan pasien akan dirujuk ke RSUD Kota Bogor atau Rumah Sakit yang lebih tinggi lagi, karena RSUD sudah mengakalokasikan Ruang ICU untuk RS Lapangan satu untuk wanita dan satu lagi untuk pria,” tandasnya.

(mg/April/Devina).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.