Mobile Lab BSL-2 Percepat PCR Covid-19

0 44

Heibogor.com – Kota Bogor menerima bantuan Mobile Laboratory Biosafety Level-2 (Mobile Lab BSL-2) dari Menristek RI dalam rangka Bakti Inovasi Indonesia di plaza Balai Kota Bogor, Senin (11/1/21).

Usai penyerahan kepada Wali Kota Bogor Bima Arya, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro menyampaikan bahwa Kota Bogor merupakan daerah pertama yang mendapatkan hibah Mobile Lab BSL-2 dari Badan Riset dan Inovasi Nasional. Untuk daerah lain di seluruh Indonesia, ada yang bersifat pinjam pakai atau pihak BUMN membeli Mobile Lab, seperti di rumah sakit di Jakarta dan Medan.

“Untuk pembuatan Mobile Lab BSL-2 mengikuti kebutuhan dan pesanan. Sementara sudah ada pesanan dari Satgas Covid-19 dan memang bagian tugas dari satgas untuk Mobile Lab ini. Itu sedang koordinasi dengan BNPB dan Pemda,” jelasnya.

Sementara, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Produk inovasi dalam negeri dari BPPT ini, untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Bogor. Dengan adanya Mobile Lab BSL-2 ini, Bima berharap dapat mempercepat dalam proses PCR bagi masyarakat Kota Bogor.

“Ini melengkapi PCR yang sudah dimiliki RSUD sehingga bisa menguji sampel sebanyak 800 sampai 1000 sampel setiap harinya. Kita akan siapkan petugas khusus dan alat Mobile Lab BSL-2 ini akan bekerja selama 24 jam penuh,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.