Orangtua Keluhkan Belajar dari Rumah Boros Beli Kuota Internet

0 111

Heibogor.com – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar daring masih diterapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sembari mempersiapkan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dijadwalkan secara bertahap mulai pekan depan.

Tak sedikit orang tua atau murid yang menginginkan kembali sekolah secara langsung. PTM dinilai lebih efektif dari pada PJJ yang berdampak pada psikis dan ekonomi baik siswa maupun orang tua.

Salah orang tua siswa asal Kampung Gedong, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Anna (45) mengeluhkan sistem PJJ yang dinilainya kurang maksimal dalam memberikan materi pembelajaran kepada sang anak. Menurutnya, PTM dinilai efektif karena menjamin murid untuk lebih fokus belajar tidak bergantung pada gawai, laptop dan kuota internet.

“Saya bingung anak saya bisa cepat dan menyerap materi atau tidak dengan keadaan belajar online ini.  Sering banget kerepotan, kalau sekolah langsung anak bisa lebih fokus belajar,” ujar orangtua siswa SMPN 3 Cibinong itu saat ditemui di kediamannya, Kamis (7/1/21).

Selain itu, Anna mengeluhkan PJJ lantaran harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli paket kuota internet mengingat distribusi kuota internet dari Pemerintah Pusat dikeluhkan dirinya karena tidak merata. “Uang jajan dan ongkos sekolah diganti buat beli kuota internet, jadi mengeluarkan uang lebih banyak. Karena pembagian kuota dari pemerintah yang tidak merata, sedangkan anak saya tidak dapat kuota itu,” keluhnya.

Senada, sang anak Viza (14) salah satu siswa SMPN 3 Bojonggede, Kabupaten Bogor, ini pun turut mengeluhkan PJJ karena sering terkendala oleh jaringan. “Pelajaran ada yang mengerti ada yang tidak, karena penjelasan dari guru susah untuk di pahami kalau dengan online. Terkadang, ada masalah pembelajaran karena jaringan internet lemot atau tak stabil,” ujar Viza Keduanya  berharap ke depan PTM dapat dilaksanakan kembali untuk menunjang aktivitas pembelajaran lebih maksimal meski dalam pandemi Covid-19.

(mg/devina)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.