Vaksinasi Covid-19 Gelombang Pertama Dijadwalkan Serentak 14 Januari 2021

0 79

Heibogor.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyiapkan data penerima vaksin tahap pertama di Kabupaten Bogor berjumlah 10.185 jiwa.

“Untuk gelombang pertama, yaitu tanggal 14 Januari sampai 22 Januari 2021, jumlah vaksin yang akan didistribusikan berjumlah 10.185 vaksin,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan di Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Selasa (5/1/21).

Vaksinisasi serentak secara nasional baru akan dimulai 13 Januari. Sementara untuk daerah, kata Irwan, bakal mulai dilangsungkan 13 atau 14 Januari. Meski begitu, jumlah penerima vaksin tersebut masih data sementara.

“Karena rapat baru pertemuan secara nasional dengan Kemendagri belum kepada tingkat daerah seperti provinsi, baru nanti kebiajkan provinsi berapa alokasinya,” jelasnya.

Pemkab Bogor rencananya bakal mendistribusikan vaksin melalui 121 fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) seperti Puskesmas RSUD hingga rumah sakit swasta.

“Proses vaksinasi ini akan kami lakukan di 121 fasyankes. Tersebar di 101 puskesmas, 4 RSUD, 7 rumah sakit swasta, 7 klinik swasta, Rumah Sakit Paru dan Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Dr M Hassan Toto,” papar Irwan.

Irwan menyebut, kuota tersebut diperuntukkan untuk tenaga kesehatan (nakes), TNI/Polri, ASN dan profesi yang masuk dalam kelompok pelayanan masyarakat. Di samping itu, penerima vaksin ini terintegrasi dengan BPJS dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK)

“Data itu yang terintegrasi dari BPJS, kemudian ke Kemendagri yang punya NIK. Yang tidak punya BPJS tetap dapat yang penting punya NIK,” jelasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.