Jelang Pilkades Serentak Bumi Tegar Beriman Wajib Taat 3M

0 66

Heibogor.com – Dua minggu jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 di Kabupaten Bogor sejumlah persiapan tengah dimatangkan. Hal paling disoroti adalah mengenai penerapan 3M (Memakai masker, Menjaga Jarak dan Mencuci tangan) saat pemilihan berlangsung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab menggenjot setiap panitia Pilkades tegas pada penerapan protokol kesehatan antisipasi Pilkades menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Ia mencatat ada poin yang menjadi sorotan utama yakni kerumunan dalam Tempat Pemilihan Suara (TPS). “Hal paling disoroti yakni menjaga jarak di luar TPS. Kalau di dalam TPS kami yakin panitia sudah bisa mengatur. Tapi di luar TPS itu yang kami konsentrasikan,” kata Renaldi, Senin (7/12/20).

Upaya memecah kerumunan, kata Renal, setiap panitia diinstruksikan membuat pembatas jarak dan mengatur jumlah pemilih yang akan masuk ke dalam TPS. Bersamaan dengan itu, setiap panitia Pilkades bakal memasang spanduk sosialisasi 3M di setiap area TPS.

Selain itu, pihaknya juga menentukan kepada setiap panitia Pilkades agar menerapkan sistem pemilihan berdasarkan waktu agar tidak adanya kerumunan yang menjadi permasalahan baru nantinya. Mengingat jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) berdasar DP4 Disdukcapil Kabupaten Bogor berjumlah sekiar 737 ribu hak pilih.

“Seluruh panitia akan mengatur jadwal kehadiran pemilih. Sebagai contoh untuk RT1 dihadirkan pukul 8, RT2 dihadirkan pukul 9, seterusnya. Itu untuk memecah kerumunan di TPS nantinya mengingat tingkat kehadiran pemilih bisa sekitar 90 persen,” jelasnya.

Di samping itu, jumlah TPS di Kabupaten Bogor yang sebelumnya berjumlah 677 ditambah menjadi 703 TPS. Hal tersebut menjadi alternatif pemecah kerumunan pada saat pemilihan berlangsung. “TPS jumlah 703 makin banyak karena di tingkat Kecamatan sudah memahami permasalahan kerumunan sehingga dibuat kebijakan penambahan TPS tersebut bertujuan untuk memecah kerumunan,” ucap Renaldi.

Diketahui, Sebanyak 351 pasangan Calon Kepala Desa (Cakades) akan bersaing dalam pesta demokrasi Pilkades Kabupaten Bogor 20 Desember 2020 mendatang. Terdapat 88 Desa dari 34 kecamatan se-Kabupaten Bogor akan menggelar Pilkades dengan rincian 66 desa yang akan habis masa jabatannya tahun ini dan 22 desa yang akan berakhir masa jabatannya pada Januari tahun 2021.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.