Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrim Landa Bogor, Sukabumi dan Cianjur

0 84

Heibogor.com – Wilayah Bogor pada Minggu (6/12/20) diguyur hujan selama sehari penuh. Hal tersebut diprediksi bakal kembali terjadi Senin (7/12/20). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor memprediksi cuaca ekstrim akibat adanya sirkulasi siklonik.

“Adanya sirkulasi siklonik di sebelah Selatan Pulau Jawa yang bergerak dari arah Barat ke Timur menyebebkan wilayah Jawa Barat mengalami peningkatan curah hujan pada hari Sabtu dan Minggu,” kata Kepala Stasiun BMKG Citeko, Asep Firman Ilahi, Senin (7/12/20).

Ia mencatat terdapat beberapa wilayah Bogor yang akan terdampak cuaca ekstrim mulai dari hujan sedang hingga lebat, di antaranya:

– Kabupaten Bogor (Cariu, Tanjung Sari, Sukamakmur, Cisarua, Ciawi, Caringin, Cigombong, Megamendung, Babakan Madang, Sukaraja, Citeureup, Jonggol, Kelapa Nunggal, Dramaga, Ciampea, Ciomas, Taman Sari, Cijeruk, Pamijahan, Tenjolaya).

– Kota Bogor (Bogor Utara, Tanah Sareal, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Selatan dan Bogor Timur).

Hal serupa juga bakal terjadi di beberapa wilayah Jawa Barat lainnya seperti Sukabumi, Cianjur, Bandung Barat dan Purwakarta. “Masih relevan mengingat cuacanya masih berpotensi ekstrim,” ucapnya.

Untuk Senin (7/12/20) diprediksi masih berpotensi hujan lebat di kabupaten Cianjur dan sekitaran waduk Cirata. Kabupaten Cianjur terutama di kecamatan: Gekbrong, Warukondang, Cugenang, Cianjur, Cilaku, Cibeber, Sukaluyu, Mande, Karang Tengah, Bojong Picung, Ciranjang, Sukaresmi dan Pacet.

“Dampak cuaca ekstrim ini dapat dirasakan oleh masyarakat seperti sulit mengendarai mobil/motor, kerusakan pada rumah dan bangunan lainnya, jembatan rendah tidak dapat dilalui, gangguan lalu lintas karena genangan dan longsor kecil, kerusakan pada tanggul-tanggul sungai dan potensi longsor pada tempat-tempat dengan kemiringan tinggi,” jelas Asep.

Demikian, ia menyarankan masyarakat untuk tetap waspada dengan memperbaharui informasi melalui media masa/sosial dan pihak terkait kebencanaan, berhati-hati beraktivitas di luar rumah dan tidak keluar rumah jika tidak penting, mengamankan dokumen-dokumen penting, mematikan peralatan elektronik.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.