Adansoni Variegata Kenzo Tanaman Hias yang Bernilai Fantastis

0 133

Heibogor.com – Siapa sangka harga tanaman hias yang satu ini sangat fantastis dan bisa membuat Anda tercengang mendengarnya. Tak dikira tanaman hias yang masih tergolong kecil ini bernilai Rp 80 juta satu pot nya. Harga tersebut bisa lebih meroket lagi hingga Rp 150 sampai Rp 200 juta tergantung besar dan total daunnya.

Dikatakan petani sekaligus penjual tanaman hias dari Hoqy TR Flora, Tisna Robana (43) yang membuat mahal tanaman ini karena populasinya sedikit dan tidak ada di Indonesia. Tanaman dengan nama Adansoni Variegata Kenzo ini, asalnya dari Jepang. Ciri-cirinya berwarna ngeplak ada yang tiga warna ada juga yang dua warna. Kalau yang lokalan warnanya cuma bercak tidak seperti ini.

“Jadi, yang beli ini cuma orang-orang tertentu. Mereka rata-rata kolektor semua. Yang tiga warna sebesar ini harganya Rp 80 juta dan yang dua warna Rp 40 juta satu pot. Kalau harga satu daun yang kecil ini, paling murah saya jual Rp 15 juta,” bebernya, Sabtu (28/11/20).

Ia mengungkapkan, Adansoni Variegata Kenzo ini baru berusia 6 bulanan. Untuk media tanamnya ia menggunakan sekam bakar, sekam kuning, andam, dan sekam kering ditambah dengan vitamin.

“Ini masih remaja. Per 25 hari itu bisa keluar satu daun. Jika sudah sampai 10 daun, saya cacah lagi satu per satu daunnya untuk dibudidayakan. Jadi, dalam satu pot yang saya jual itu ngga sampai 10 daun. Rugi kalau dijual semuanya. Lebih untung kalau dibudidayakan lagi ketimbang dijual,” ungkapnya.

Untuk perawatan, menurut petani yang telah menjalani budidaya tanaman hias selama 10 tahun ini tidaklah terlalu sulit. Cukup rutin diberi air dan pupuk.

“Sekarang ini, saya punya 14 pot untuk tanaman Adansoni Variegata Kenzo. Penjualannya secara offline. Jadi, teman-teman online datang ke rumah untuk membeli dan melihat secara langsung,” kata Tisna yang tinggal di daerah Ciburial, Pondok Bitung.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.