Pasar Tanaman Hias Minaku Jungle Biotech Tempatnya Aneka Sentra Tanaman

0 83

Heibogor.com – Bagi Anda yang hobi dengan tanaman hias dan sedang mencari aneka tanaman yang unik dan langka untuk dikoleksi ataupun di budidaya, kini tak perlu lagi bingung mencari tempat penjualnya karena sekarang sudah ada sentra penjualan tanaman hias yang lokasinya strategis dan mudah didatangi kapan saja.

Lokasinya berada di pelataran eks Junglefest BNR, Kecamatan Bogor, Selatan, Kota Bogor, dengan nama Pasar Tanaman Hias Minaku Jungle Biotech. Pasar ini, mulai beroperasi setelah dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim didampingi, Direktur Minaku Home Nature, Yasmin Sanad, Dirjen Holtikultura dan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta dan Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok pada Sabtu (28/11/20).

Di pasar ini, terdapat ratusan jenis tanaman hias yang dijajakan 70 petani tanaman hias se-Bogor Raya. Harganya pun variatif mulai dari puluhan ribu hingga ada yang mencapai puluhan juta rupiah tergantung jenis dan kelangkaan tanaman. Tak hanya sebagai tempat membeli tanaman hias, di pasar ini, para pembeli juga bisa mendapat edukasi dari petani tentang cara perawatan, pemilihan pupuk yang pas dan lain-lain.

Direktur Minaku Home Nature, Yasmin Sanad menyampaikan, potensi bisnis tanaman hias belakangan ini sedang naik daun. Tidak hanya peminatnya yang semakin banyak tapi harganya pun sedang bagus-bagusnya. Dari itu, pelaku bisnisnya perlu dibuatkan sentra tanaman hias dengan tujuan membangkitkan petani tanaman hias dan memperluas pasarnya agar ekonominya melejit melalui gerakan belanja tanaman hias.

Menurutnya, di Indonesia belum ada pusat tanaman hias padahal varietas tanaman Indonesia banyak yang diminati oleh pasar global. Para petani ini juga sebenarnya punya potensi tinggi untuk meningkatkan ekonominya di tengah trend tanaman hias yang sedang meningkat. Maka dari itu, pihaknya membuat pasar ini sebagai pusatnya epicentrum tanaman hias.

“Di sini kita menggandeng 70 petani dari kota dan kabupaten Bogor. Selama ini, penjualan tanaman hias terpisah-pisah di beberapa tempat. Nah, di pasar ini kita mempermudah petani bertemu dengan calon pembeli. Kini para petani punya tempat yang layak dengan lokasi yang strategis yang orang datang setiap hari,” jelas Yasmin.

Ia melanjutkan, pihaknya di fasilitasi tempat oleh Junglefest, PT GAP. Kios yang dibangun juga diberikan secara gratis untuk para petani dan pasar seperti ini baru pertama di Indonesia. Makanya tadi dibilang oleh pak wakil ini pasar terbesar di Indonesia dan insya allah nanti akan menjadi yang sedunia.

“Karena nanti di sini kita akan bangun kultur jaringan terbesar. Kita sudah banyak kirim ke benua Eropa, Amerika, bahkan sampai ke Alaska. Sedangkan sementara ini, kita masih tahap se-Asia. Untuk ekspor kita akan bantu para petani untuk jadi eksportir juga. Diharapkan dengan adanya pasar ini, gairah bisnis tanaman hias akan semakin bertambah,” harapnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan bahwa Pasar Tanaman Hias terbesar se-Indonesia ini memiliki potensi ekonomi khususnya pada sektor pertanian tanaman hias.

“Kegiatan ini didukung oleh sektor wisata juga yang dinisiasi oleh Ade Wardhana (CEO Minaku Home Nature). Dengan demikian ada kesempatan bagi para petani dan pedagang tanaman hias untuk mempunyai channel penjualan yang lebih terfokus,” ucapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.