Jubir Covid -19: Belum Ada Sanksi bagi Kerumunan Massa Sambut Habib Rizieq

0 46

Heibogor.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor masih belum menerapkan sanksi terhadap kerumunan massa pendukung Habib Rizieq Shihab pada Jumat (13/11/20) lalu meskipun telah melakukan sejumlah pembahasan dalam evaluasi PSBB.

“Alternatif sanksi dibahas tapi belum diputuskan. Masih merumuskan sanksi yang diterapkan,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan di Kantor Sekretariat Daerah, Senin (23/11/20) petang.

Irwan berdalih masih ada hal yang harus dirumuskan untuk membuat sanksi yang tepat sasaran berdasar Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 60 tahun 2020 pasal 12. Padahal pihak Satgas Covid-19 sudah dua kali melakukan evaluasi PSBB.

“Ketentuannya lebih ke pasal 12, hanya kita rumuskan kembali sanksi yang tepat yang akan kita terapkan. Karena masih dirumuskan dari berbagai aspek, banyak aspek yang harus kita kaji lagi dengan kerumunan ini banyak yang dilanggar Prokes itu apakah cukup hanya dengan itu. Kita tunggu dulu belum putuskan, akan kita bahas kembali,” paparnya.

Irwan memaparkan, berrdasar Pasal 12 tersebut tercantum 3 ayat utama; ayat (1) menyebut siapa pun pihak penyelenggara akan dikenakan sanksi. Pun, dalam ayat (2) dia menegaskan sanksi berupa teguran lisan, pembubaran, hingga denda tertinggi 50 Juta. Pasal (3) menyebut Selain sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (2), penyelenggara dapat dikenakan sanksi lain sesuai peraturan perundang-undangan.

Berdasar hal tersebut Irwan belum menyebut pihak mana yang akan diberikan sanksi, penyelenggara atau individu. “Hal itu yang akan kita kaji dahulu,” jelasnya.

Ia menyebut bahwa sanksi akan secepatnya diberikan, mengingat Ketua Satgas Kabupaten Bogor yang juga Bupati Bogor, kata Irwan, mendapatkan teguran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Secepatnya, karena Pak Gubernur sudah mengirim surat ke bupati. Suratnya sudah kita terima. Isinya pertama, agar menerapkan Prokes dan melakukn tindakan. Kedua, agar segera memberi sanksi terhadap kerumunan kemarin itu,” kata Irwan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.