Abdul Latief Sulap Batok Kelapa Jadi Karya Seni Bertema Flora dan Fauna

0 98

Heibogor.com – Pohon kelapa memiliki banyak manfaat, mulai batang pohon, daun, hingga buahnya dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Bahkan, tempurung kelapa (batok) pun bisa diolah menjadi berbagai jenis kerjinan bernilai seni yang menarik.

Adalah Abdul Latief (42) salah satu pengrajin kreatif di Kampung Sentul RT 04 RW 02, Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, dapat menyulap batok kelapa menjadi kerajinan bernilai seni yang juga fungsional sebagai hiasan.

Ia adalah penghobi tanaman hias yang memiliki ide untuk memanfaatkan batok kelapa menjadi media berkarya. Di tengah pandemi membuat perekonomiannya terdampak, ia tidak tinggal diam. Ia mulai belajar secara otodidak membuat kerajinan untuk menghidupi perekonomiannya dengan mengandalkan batok kelapa.

“Pandemi seperti ini membuat saya harus putar otak menciptakan sesuatu yang dapat dipakai untuk berkarya. Timbul ide membuat kerajinan karakter dari batok kelapa, belajar secara otodidak terinspirasi dari orang lain di YouTube,” ucapnya saat ditemui heibogor di kediamannya, Senin (23/11/20).

Karya yang diciptakan pria yang akrab disapa Cibet ini terbilang berbeda dari yang sebelumnya. Ia justru memanfaatkan batok kepala yang masih memiliki tunas agar dapat tumbuh bersamaan dengan bentuk karakter yang dibuatnya. Karyanya sendiri bertema alam dengan berbagai jenis karakter seperti katak, ayam, burung, hingga manusia.

“Biasanya yang ada itu hanya dari batok kelapa tanpa tunas. Saya memiliki ide kenapa tidak sekalian dengan tunasnya agar dia tetap tumbuh. Di situ saya satukan, sampai tumbuh akar dan dapat juga dijadikan sebagai hiasan pada aquarium, karena sekarang kan musim juga melihara ikan saat pandemi,” paparnya.

Karya yang sudah ia tekuni selama dua bulan belakangan ini justru banyak diminati, tak heran bila karyanya terjual ke Manado, Minahasa, Jambi, Banyuwangi hingga Batam dengan harga relatif bersahabat Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

“Karena saya sudah hobi membuat kerajianan seperti ini, untuk pembuatan satu karya hanya membutuhkan waktu satu sampai dua hari tergantung tingkat kesulitannya. Saya jual melalui facebook ‘She Latief Sentul’ dan WhatsApp. Belum jual melalui aplikasi online,” ungkap Cibet.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.