Ide Unik Afif Sulap Lahan Kosong Jadi Taman Sampora Legok Selfie Sekaligus Edukasi

0 37

Heibogor.com – Wisata di era modern seperti ini tak melulu wisata alam dan kuliner. Berkembangnya zaman apalagi memasuki zaman serba digital membuat masyarakat semakin gemar berwisata sembari  swafoto (selfie) dan mempostingnya di sosial media.

Melihat potensi era digital seperti ini membuat Ketua Karang Taruna RT 03 RW 03, Muhammad Afif  yang berada di Cibinong, Kabupaten Bogor memiliki ide untuk memanfaatkan lahan kosong di kampungnya menjadi objek wisata baru dengan spot selfie dengan nama Taman Sampora Legok.

Taman tersebut terbilang inovatif lantaran menggunakan berbagai jenis limbah yang disulap menjadi tempat wisata berkonsep alam di tengah sawah nan hijau dan menjadi primadona bagi warga setempat untuk menghabiskan hari bersama keluarga dan teman-teman.

“Sudah dibuka sejak bulan Agustus tahun ini, jadi setiap objek yang ada di wisata ini memanfaatkan barang bekas seperti ban bekas, tong bekas, bambu tidak terpakai sampai mainan-mainan bekas,” ucap Afif, Kamis (5/11/20).

Mulanya ia merasa prihatin akan lahan kosong yang ada di kampungnya dijadikan tempat pembakaran sampah. Keprihatinan Afif tidak hanya di situ, melihat anak-anak yang gemar bermain gadget ketimbang bermain bersama teman membuat ia bersama warga lainnya terdorong untuk menciptakan suatu taman yang dapat menjadi tempat berkumpul oleh warga sekitar.

“Anak-anak tidak ada taman bermain, untuk itu saya bersama warga secara swadaya inisiatif membuat tempat wisata dan Alhamdulillah hampir semua anak-anak kalau pagi sampai sore main ke sini,” katanya. Setiap sampah yang terkumpul, sambung Mahasiswa Universitas Pakuan ini, dimanfaatkan menjadi berbagai objek dan spot selfie di lokasi. Sehingga, hal tersebut dapat mengurangi jumlah sampah di sekitar kampungnya.

“Kami buat sampah untuk foto-foto tren sosmed ada kursi, gapura, bambu kuning, area memanah, hingga dibuatkan saung khusus untuk disewakan acara keluarga bersantap nasi liwet,” paparnya.

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat menikmati suasana persawahan dengan berbagai spot selfie, cukup siapkan uang Rp 3 ribu sebagai biaya masuk dan penunjang sarana di sekitar lokasi wisata.

“Ini masih dalam tahap pengembangan. Ke depan kita akan buat wisata edukasi penghijauan bagaimana cara bertani dan menanam pohon sekaligus budidaya ikan nila kepada siapa saja yang datang berwisata,” ucapnya.

Sementara itu, Joko (44) salah satu wisatawan mengatakan Taman Sampora Legok sangat menarik menjadi objek wisata menghabiskan waktu bersama keluarga. “Saya sengaja datang ke sini bersama anak dan keluarga untuk refreshing. Menurut saya wisata ini menarik yah banyak spot selfie di mana-mana pemandangannya juga bagus,” katanya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.