Dies Natalis 40 Tahun Unpak Konsisten Jalankan Visi Cetak Manusia Unggul dan Berkarakter

0 68

Heibogor.com – Merayakan sepak terjang perjalanannya berkiprah di dunia pendidikan, Universitas Pakuan (Unpak) menggelar acara Dies Natalis 40 tahun Universitas Pakuan mengabdi membangun SDM unggul, mandiri, dan berkarakter pada Senin (2/11/20) di gedung Graha Unpak.

Rektor Universitas Pakuan, Bibin Rubini mengatakan, kini Unpak telah berusia 40 tahun sejak didirikan oleh salah seorang Wali Kota Bogor, Kol. Ahmad Syam yang mendirikan satu perguruan tinggi swasta hasil fusi dari beberapa perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Bogor dan sejak tanggal 1 November 1980 itulah dijadikan sebagai pijakan dies natalies Universitas Pakuan.

“Catatan saya tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan kampus Pakuan seperti sekarang ini adalah hasil sumbangsih atau kontribusi awak media dalam memberikan informasi kepada masyarakat terutama informasi-informasi tentang kemajuan yang telah dicapai oleh Universitas Pakuan,” kata Bibin kepada awak media usai acara.

Dikatakan Bibin, perkembangan Unpak bisa dibilang sangat luar biasa di mana, dulu cuma ada 4 fakultas kemudian berkembang menjadi 6 dan sekarang sudah 8. Dari 8 itu, 6 di antaranya fakultas selebihnya satu sekolah pasca sarjana dan satu lagi sekolah vokasi.

“Dari 8 fakultas ini, kita memiliki 36 program studi. 8 diantaranya sudah terakreditasi A, kemudian 24 nya terakreditasi B, satu terakreditasi C, dan sisanya dua lagi masih reakreditasi,” bebernya.

Dengan kekuatan sekitar 452 tenaga pengajar di tambah bantuan tenaga non edukatif sebanyak 300 orang, sambung Bibin, Universitas Pakuan berkembang menjadi perguruan tinggi yang memiliki jumlah mahasiswa sebanyak hampir 15 ribu orang dan ini merupakan suatu sumberdaya yang sangat baik bagi perkembangan Pakuan.

“Kepercayaan masyarakat terhadap perguruan tinggi swasta ini, harus ditingkatkan dengan mengedepankan kualitas sumberdaya manusianya terutama kepada para dosennya yang sudah bergelar S2 kita tingkatkan menjadi S3,” tandasnya.

Bibi melanjutkan, Kampus Pakuan saat ini memiliki 8 guru besar dan semuanya dari dalam. Di samping itu, Unpak juga memiliki lembaga jaminan mutu yaitu suatu jaminan kualitas lulusan Universitas Pakuan. Mudah-mudahan Universitas Pakuan sebagai perguruan tinggi swasta ini, memiliki visi sebagai perguruan tinggi yang menghasilkan manusia unggul dan berkarakter.

“Mengenai kerjasama yang sudah dibangun baik di dalam maupun di luar negeri itu sudah kita rintis dan mudah-mudahan Universitas Pakuan dalam waktu yang tidak terlalu lama juga akan mengajukan akreditasi internasional,” ungkapnya.

Di acara dies natalis ini, Bibin mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang membuat buku tentang perjalanan Universitas Pakuan yang diberi judul 40 tahun Universitas Pakuan mengabdi untuk membangun sumber daya manusia yang unggul, mandiri, dan berkarakter. Buku ini, hanya untuk kalangan internal saja agar generasi muda penerus kampus Pakuan mengenal sejarah dan perjalanan Universitas Pakuan.

“Buku ini masih on progres. Ini buku tentang catatan-catatan penting dari mulai berdirinya kampus Pakuan dengan prestasi-prestasinya baik dari yayasan maupun rektornya dan seberapa besar peran masing-masing pimpinan itu terhadap perkembangan kampus Pakuan. Catatan-catatan ini, mudah-mudahan bisa menjadi pedoman, pegangan atau catatan sejarah bagi generasi muda penerus kampus Pakuan untuk melangkah lebih lanjut,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.