Labkesda Cibinong Mulai Gunakan Alat Uji Spesimen Tes Swab

0 44

Heibogor.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akhirnya mulai menggunakan alat tes polymerase chain reaction (PCR) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Cibinong, Kabupaten Bogor untuk pengujian spesimen Swab Tes atau tes usap.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mengatakan, saat ini dua alat PCR dengan kapasitas 348 uji dalam satu hari, sudah mulai dioperasikan. “Sudah mulai dioperasikan meski masih uji layak,” katanya, Selasa (27/10/20).

Dengan dioperasikannya dua alat PCR di Labkesda Kabupaten Bogor tersebut, diharapkan dapat menjadi daya dongkrak tes spesimen warga Kabupaten Bogor yang belakangan diketahui menjadi kendala tracing kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bogor akibat penumpukan spesimen.

“Meskipun masih berstatus uji layak, tapi sudah bisa beroperasi dengan layak. Semoga dengan beroprasinya dua alat ini bisa membantu memeriksa spesimen Covid-19 di Kabupaten Bogor. Apalagi saat ini Labkesda kita sudah berstatus Biosafety Level 2 (BSL-2),” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Dedi Syarif menjelaskan, saat ini Pemkab Bogor terus memaksimalkan alat PCR di Kabupaten Bogor.

Menurutnya, alat PCR yang rencananya bakal dibeli Dinkes pada 2021 mendatang memang tidak dapat langsung dapat difungsikan lantaran memiliki berbagai tahapan prosedsur.

“Sebelum dapat berfungsi maksimal, alat PCR tersebut memerlukan proses uji fungsi terlebih dahulu. Sebenarnya alat-alat sudah lengkap, reagen, virus transport media (VTM), hingga SDM juga sudah disiapkan dari rekrutmen ada delapan orang untuk mengoperasikan alat tes PCR,” ungkapnya.

Setelah uji fungsi, masih kata Dedi, alat PCR juga harus melalui uji optimalisasi dan terakhir baru alat PCR siap digunakan. “Jadi ada beberapa tahapan yang mesti dilalui sebelum akhirnya bisa digunakan. Tapi tetap, masih bisa digunakan,” tambahnya.

Sebelumnya diketahui Pemkab Bogor memiliki enam unit alat uji PCR, namun empat di antaranya belum digunakan. Alat PCR tersebut tersebar di masing-masing rumah sakit umum daerah (RSUD) yakni di Ciawi, Cibinong, Cileungsi, dan Leuwiliang.

Sedangkan, dua unit lainnya ada di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Cibinong yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Mobile Lab Biosafety Level 2 (BSL-2).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.