Diguyur Hujan Deras Sejumlah Perumahan Tergenang Banjir Warga Ngungsi ke Masjid

0 26

Heibogor.com – Akibat hujan deras pada Sabtu (24/10/20) malam membuat Perumahan Vila Nusa Indah I, II dan Perumahan Bumi Mutiara, Desa Bojong Kulur, Gunung Putri, Kabupaten Bogor tergenang banjir setinggi 170cm.

Banjir dari luapan air Sungai Cileungsi sekitar pukul 22.30 WIB mengakibatkan 22 ribu jiwa yang terdiri dari 5.500 KK dari total 22 Rukun Warga (RW) terdampak. 1.100 di antaranya terpaksa mengungsi di balai desa dan masjid.

Banjir mulai surut Minggu (25/10/20) pagi pukul 05.00 WIB menyisakan bekas lumpur di sepanjang jalan perumahan hingga latar rumah warga.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan meski pihaknya sudah membangun 19 pompa air di Bojong Kulur, namun ia berharap ada tindak lanjut Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian PUPR terkait masalah banjir yang hampir tiap tahun terjadi di kawasan tersebut.

“Agar BBWS atau PUPR pusat segera turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan Sungai Cikeas dan Cieungsi ini karena dampaknya juga ke Bekasi. Penanganan yang komprehensif dan terintegritas itu yang penting,” kata Ade, Minggu (25/10/20).

Menurutnya, dalam upaya mitigasi ini perlu penanganan antara Pemkab Bogor dan Pemkab Bekasi melibatkan BBWS dengan membangun bendungan dan pelebaran aliran sungai.

“Kita berusaha terus dalam mitigasi bencana. InsyaAllah ada pembangunan bendungan dan pelebaran sungai, mudah-mudahan 2021 mulai berjalan dibangun oleh kementerian pusat. November ini kita sosialisasikan karena akan ada sebagian tanah masyarakat yang terdampak pembangunan bendungan,” ujarnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.