Kabupaten Bogor Kekurangan Alat Tangani Bencana Alam

0 38

Heibogor.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkap personel siaga bencana di Kabupaten Bogor masih memiliki kekurangan alat untuk antisipasi dan penanganan bencana.

“Ada beberapa perlengkapan yang kita butuhkan belum kita miliki, misalnya mobil kendaraan untuk Rumah Sakit lapangan,” ungkapnya dalam Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (23/10/20).

Selain kendaraan untuk medis di lapangan bencana, pihaknya juga masih membutuhkan mobil komunikasi atau mobil pemancar akses jalan untuk membuka akses di wilayah yang masih minim jaringan atau blank spot.

“Karena beberapa wilayah masih blank spot seperti Sukamakmur dan Nanggung jaringannya belum bagus. Nantinya kita akan gerakan mobil itu untuk beberapa wilayah yang blank spot sewaktu-waktu terjadi bencana,” jelasnya.

Pihaknya berencana akan menambah sarana dan prasarana tersebut untuk menunjang efektifitas dan antisipatif penanganan bencana kedepan. “Sarana itu untuk masyarakat, kita sediakan peralatan sesuai kemampuan secara bertahap kita tambah,” ucapnya.

Burhanudin menyebut dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, 22 kecamatan diantaranya termasuk rawan bencana seperti tanah longsor, banjir, angin kencang dan kebakaran.

“Makanya kita sedia payung sebelum hujan persiapan ini mengecek kesiapan personel menghadapi bencana yang biasanya selalu ada menjelang akhir tahun dan awal tahun,” katanya.

Pihaknya sudah memetakan wilayah-wilayah yang riskan terjadi bencana agar para personil lebih antisipatif akan tanda-tanda bencana dan pasca bencana di setiap titik. “Berkaca dari tahun lalu, agar bencana serupa kita lebih antisipatif dari segi personil sampai ke alat yang dibutuhkan,” jelasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.