Bank Kota Bogor Edukasi Literasi Keuangan UMKM Upaya Jadi Mandiri dan Kredibel

0 44

Heibogor.com – Perumda BPR Bank Kota Bogor bersama Yayasan Pendidikan Mata Pena selaku pendamipng UMKM rekomendasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor melakukan literasi dan intermediasi dengan UMKM Kota Bogor di Kampus IBI Kesatuan Jalan Rangga Gading Bogor, Rabu (21/10/20) kemarin.

Hal itu dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada UMKM di Kota Bogor untuk upaya mewujudkan UMKM yang mandiri, tangguh, dan berkredibel dan merupakan bentuk dari kegiatan CSR Perumda BPR Bank Kota Bogor dan sebagai upaya membantu pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian daerah disaat pandemik melanda saat ini khususnya di sektor usaha  mikro, kecil, dan menengah melalui literasi keuangan.

“Perumda  BPR Bank Kota Bogor menyadari bahwa permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM di Kota Bogor dalam pengembangan dan inovasi usahanya adalah kurangnya pemahakan untuk mendapatkan perizinan Sertifikat Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dan pemahaman terhadap akses permodalan khususnya dalam menjalin kerjasama permodalan dengan perbankan,” ucap Direktur Utama Bank Kota Bogor, Ibrahim dalam siaran pers yang diterima heibogor.com, Kamis (22/10/20).

Dalam kegiatan tersebut Bank Kota Bogor memberikan bantuan berupa CSR untuk pembuatan Sertfikat  Perizinan Sertifikat Produk Industri Rumah Tangga (PIRT). Selain itu juga dakukan edukasi tentang produk-produk yang ada d Bank Kota Bogor seperti  fitur kredit modal kerja, fitur tabungan dan konsep kerjasama yang ditawarkan, dengan tujuan agar UMKM peserta Literasi dan Intermediasi selain mendapatkan sertfikat PIRT juga dapat menjadi mitra usaha dengan Benak Kota Bogor.

Setiap peserta sosialisasi menandatangani hak dan kewajiban yang telah disepakati dengan Perumda BPR Bank Kota Bogor yaitu menerima bantuan CSR dalam bentuk Sertifikat PIRT, sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada saat sosialisasi oleh pendamping.

Kemudian, mendapatkan pendampingan dari pendamping yang telah ditunjuk oleh PD. BPR Bank Kota Bogor serta dapat mengajukan pinjaman kredit apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun kewajiban mitra usaha adalah membuka rekening tabungan di Bank Kota Bogor dan melaporkan hasil usaha setiap bulannya. Peserta sangat antusias yang hadir berjumlah sekitar 26 orang. Proses literasi dan edukasi yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan duduk berjarak (Physical Distancing).

“Perumda BPR Bank Kota Bogor mengharapkan agar agenda sosialisasi ini bisa secara rutin dileksanakan melalui Dinas Koperasi dan UMKM serta bisa menyerap sebanyak mungkin Koperasi dan UMKM di Kota Bogor menjadi mitra usaha dari Perumda BPR Bank Kota Bogor,” tutup Ibrahim. (**/rhm)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.