Kejuaran Pencak Silat Dihelat Secara Virtual Inovasi Baru saat Pandemi

0 70

Heibogor.com – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim hadir memberikan apresiasi sekaligus menyerahkan piala kepada para pemenang lomba silat antar pandepokan di Palataran Pakujajar Sipatahunan, Jalan Loader, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (10/10/20) sore.

Uniknya, kejuaraan pencak silat Palataran Pakujajar Cup ini dilakukan secara virtual dan diikuti oleh ratusan peserta dari masing-masing padepokan silat yang berada di wilayah Bogor.

Dedie Rachim mengatakan, kejuaraan virtual ini merupakan inovasi di tengah pandemi yang harus diapresiasi. Pasalnya, Covid-19 ini banyak sektor yang terdampak. Tidak hanya pendidikan dan ekonomi, sektor olahraga pun banyak terdampak. Sejumlah kejuaraan, baik di tingkat lokal, regional, nasional hingga internasional terpaksa ditunda.

“Pandemi Covid-19 ini memaksa kita harus kreatif untuk tetap menjalankan sesuatu dengan memanfaatkan teknologi digital. Saya sangat mengapresiasi kejuaraan pencak silat secara virtual ini,” ungkap Dedie.

Dedie berharap, agar pandemi ini bisa segera berakhir agar aktivitas bisa normal kembali. “Semoga tahun 2021 nanti, pandemi sudah berakhir. Sehingga acara seperti ini bisa rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Insya Allah, tahun depan juga Pemkot sudah memiliki tempat untuk dijadikan pusat kegiatan seni dan budaya,” jelasnya.

Terkait pusat kegiatan seni dan budaya, lanjut Dedie, rencananya akan memanfaatkan bangunan dan gedung eks SDN Batutulis 2. Sementara kegiatan belajar mengajar sekolah nantinya akan dipindah ke kawasan NV Sidik. Meski begitu, proses perpindahan tersebut masih dalam tahap pembahasan dan kajian.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Atep Budiman menyatakan, rencana pembangunan gedung pusat kesenian tradisional diharapkan bisa menjadi wadah pusat kreatif secara maksimal dan memenuhi segala fungsinya yang bertujuan menjadikan pilihan destinasi wisata seni dan budaya di Kota Bogor.

“Saya cukup apresiasi kegiatan perlombaan pencak silat ini karena diselenggarakan secara virtual dan dilakukan di tengah pandemi. Dengan ide-ide seperti itu, saya salut terhadap semangat para peserta lomba yang tidak mudah putus asa dikala kondisi pandemi ini. Dengan niat dan semangat yang kuat tersebut, perlu juga area pertunjukan pencak silat nantinya. Semoga tempat area pertunjukan budaya nantinya bisa memikat para wisatawan mancanegara,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.