Unik dan Keren Banget! Tangan Lihai Rudi Buat Aneka Seni Kerajinan dari Mural hingga Ukiran

0 79

Heibogor.com – Tangan besinya terampil menngotak-atik karya seni yang tak semua orang bisa. Ya, Rudi Hardiana, seniman berbakat asal Kota Bogor ini, mampu membuat aneka seni kerajinan dari berbagai media dan bahan. Di tangan pria 50 tahun ini, karya seni yang ia ciptakan di antaranya seni lukis mural, face painting, body painting, lukis kaos hingga pembuatan seni rupa patung, boneka, topeng, kujang, keris, seni ukir hingga hiasan untuk dekorasi maupun interior yang terbuat dari bahan bekas maupun baru.

Salah satu karya seni yang tengah ia kerjakan saat ini adalah pembuatan topeng tengkorak untuk acara halloween yang ia buat dari kertas tisu gulung toilet dan patung kuda nil dari semen putih untuk hiasan di saluran air Cibagolo.

Pria yang biasa dipanggil Babeh Chompor ini menceritakan, bakat seninya itu, turun dari sang ayah yang dulunya suka melukis. Di tahun 1984 ia mulai mengasah kemampuan seninya dengan membuat aneka kerajinan seperti membuat huruf, bingkai, dan patung dari kayu. Kemudian di tahun 1986 ia belajar seni ukir selama tiga bulan di Jepara.

Salah satu karya seni yang tengah ia kerjakan saat ini adalah pembuatan topeng tengkorak untuk acara halloween yang ia buat dari kertas tisu gulung toilet Andi/heibogor.com

“Balik ke Bogor, saya kembali melukis dengan memakai media cat minyak dan kanvas. Di situ saya bergabung dengan pelukis Bogor dan ikut beberapa kegiatannya,” kata Rudi saat ditemui di Kampung Bantarjati Lebak RT 02/RW 08, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor,  akhir pekan kemarin.

Kemudian lanjutnya, di tahun 2011 ia bekerja menjadi konseptor dan designer dekorasi serta interior di sebuah tempat usaha. Di tempat kerjanya itulah ia banyak menciptakan berbagai aneka kerajinan tangan seperti membuat dekorasi dan kostum hantu di resto Death By Chocolate. Pernah juga ia diminta melukis tembok sepanjang 2000 meter di daerah Cileungsi.

Selain itu, beberapa cafe dan resto juga pernah menggunakan keahlian seninya untuk membuat hiasan dekorasi termasuk membuat mural di rumah-rumah warga. Sering juga ia mendapat pesanan membuat kujang, keris, patung, lukisan, ukiran kayu dan aksesoris lainnya yang dibuat dari barang-barang bekas seperti plastik, sterofoam, dan macam-macam bahan bekas lainnya.

Salah satu karya seni yang tengah ia kerjakan saat ini adalah pembuatan topeng tengkorak untuk acara halloween yang ia buat dari kertas tisu gulung toilet dan patung kuda nil dari semen putih untuk hiasan di saluran air Cibagolo.

“Jadi, saya membuat karya kalau ada pesanan saja. Apa saja bisa saya buat dengan memanfaatkan bahan yang ada termasuk barang bekas maupun non bekas untuk didaur ulang sehingga menjadi barang seni bernilai ekonomi. Walaupun dulu saya sekolahnya di tehnik tapi saya hidup dari seni dan ini tidak perlu bakat yang penting ada kemauan pasti bisa,” ucap babeh yang mengaku berhasil membeli rumah dari usahanya itu.

Untuk mempromosikan produk buatannya, babeh memanfaatkan jejaring di media sosial seperti Instagram, Facebook dan Youtube. Selama ini, produk buatannya tak hanya dikenal di wilayah Jabodetabek saja tapi juga di beberapa wilayah di luar pulau Jawa.

“Untuk melihat kerajinan seni apa saja yang pernah saya buat bisa lihat di akun Youtube dengan nama rudi chompor atau di Facebook dengan nama rudie chompor (babeh) atau di Instagram dengan nama roodie_art. Untuk harga bisa disesuaikan sesuai pesanan,” jelasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.