Hari Batik Nasional Frida Aulia Ajak Kenali Filosofi dan Makna Batik Tak Sekedar Fashion

0 64

Heibogor.com – Tanggal 2 Oktober menjadi hari di mana salah satu warisan budaya Indonesia yaitu Batik semakin dihargai dan dikenal luas oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama Bogor. Momen ini seakan menjadi penanda jika batik tak sekedar motif belaka, namun ada filosofi makna di belakangnya.

Eksplorasi batik sebagai warisan nusantara juga terus dilakukan demi melestarikan salah satu kekayaan budaya Indonesia, termasuk menggalakkan penggunaan Batik setiap harinya, bukan saat acara formal saja apalagi bagi kalangan tertentu saja.

“Saya berharap batik itu semakin bertahan di tengah persaingan fashion yang terus berubah dan semakin bercorak saya yakin batik bisa mewarnai mode fashion yang tak lelakang zaman,” ujar Fashion Desainer Frida Aulia saat ditemui heibogor.com di workshop Frida Aulia Indonesia, Jalan Bogor Baru Blok A3, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (02/10/20).

Frida mengatakan, di tahun 2020 ini, dirinya memodifikasikan batik dengan tema khas Bogor seperti karyanya sebelumnya sudah dilaunching Batik Sempur, sebelumnya dia sudah membawa harum nama Bogor di ajang fashion show kancah internasional dengan mengenalkan Batik Angklung, Lurik dan Tenun di tahun 2019 lalu.

Frida ingin kesan etnik yang tetap mengangkat unsur budaya khas Bogor yang terkenal dengan ikon Talas, Bunga Bangkai dan Rusa bisa menjadi kenangan dan kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang memakainya. “Saat ini saya sedang menyelesaikan batik bertemakan Taman Koleksi yang berkaitan dengan IPB karena saya sebagai salah satu alumninya ingin berbuat sesuatu yang berguna bagi almamater saya,” imbuh Frida.

Tak hanya tema Taman Koleksi juga terkini ada tema Kebun Raya serta Lawang Salapan. “Selama pandemi ini kita diwajibkan di rumah tapi kangen juga untuk olahraga di sekitaran jalur pedestrian jadi kepikiran kenapa tidak buat yang bercirikan Bogor tapi ada di Kebun Raya,” tandas wanita yang akan launching galeri Neng Geulis di Aeon Sentul City akhir Oktober mendatang itu. (rhm)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.