Karyawan Terindikasi Covid-19, Giant dan ADA Swalayan Tutup Sementara

Terpapar dari Keluarga dari Luar Daerah

0 22

Heibogor.com – Merespon ditemukannya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada pegawai swalayan Giant dan ADA Swalayan Bogor, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak Giant untuk ditelusuri siapa-siapa kontak eratnya.

“Hari ini (Jumat,red) sudah ada lengkap kontak eratnya, dari situ kita akan lakukan pengawasan ketat sekaligus test swab apabila diperlukan karena sekarang aturannya kontak erat itu kalau tidak ada gejala cukup di karantina tidak perlu di swab. Itu untuk Giant,” kata Bima saat ditanya wartawan pada Kamis (17/9/20) malam.

Sedangkan untuk ADA, sambungnya, dirinya minta ditutup dulu dan akan di swab semua karena standby di situ staf yang terkonfirmasi positif dan yang bersangkutan itu terpapar oleh keluarganya dari luar kota yang menginap di rumah beliau. Nah, makanya ini hati-hati. Jadi, saat keluarganya menginap itu ternyata ada yang demam dan setelah dicek keluarganya itu positif. Akhirnya yang bersangkutan memeriksakan diri dan positif.

“Karena ada kontak erat yang ada gejala kita akan lakukan test swab semua dan untuk sementara ADA ditutup dulu sampai hasil swab yang bergejala keluar minimal tiga hari. Saya pastikan semua tempat yang ditemukan kasus positif pasti tutup dan disinfektan semua.  Makanya sekarang fokus ke mikro,” tandasnya.

Bima menambahkan, dirinya juga telah mengevaluasi di mana akan dilakukan perubahan terhadap kriteria merah. Selama ini, bila satu orang positif dan dia juga OTG tetap dinyatakan merah. Nah, ini tidak pas dengan strategi Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK). Karena itu, sekarang kelurahan dinyatakan merah kalau 50 persen RW nya itu merah.

“Untuk RW merah, warga tidak boleh berkumpul lebih dari 10 orang dan tidak boleh ada kegiatan apapun di RW merah. Nah, itu kebijakan kita. Jadi, fokus betul-betul pada aspek mikro dan wilayah. Tadi sudah saya sampaikan kepada seluruh camat dan lurah,” ungkapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.