Rumah Kopi Bogor Sajikan Biji Kopi Khas Nusantara Harga Tak Bikin Kantong Bolong

0 68

Heibogor.com – Bagi penggemar kopi, banyak coffee shop atau kedai kopi di Kota Bogor yang menyajikan tempat yang nyaman untuk mengopi. Salahsatu kedai kopi yang memiliki konsep hommy dan menyajikan biji kopi khas nusantara adalah Rumah Kopi Bogor yang berlokasi di Jalan Pabuaran, Kelurahan Mekarwangi, Tanah Sareal.

Di kedai ini, pengunjung tak hanya disuguhkan kopi siap seduh saja tapi pengunjung bisa mendapat pengetahuan tentang pengolahan kopi mulai dari proses penjemuran, penggilingan, hingga sangrai atau roasting.

Dua jenis kopi yang banyak dipesan di Rumah Kopi Bogor ini adalah Arabica dan Robusta dari Gunung Arca, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Untuk menikmati sajian menu di Rumah Kopi Bogor, pengunjung tak perlu takut kemahalan karena dengan merogoh kocek Rp7000 sampai Rp50 ribu saja pengunjung sudah bisa berlama-lama berada di sini.

Pemilik Rumah Kopi Bogor, Ismanto Danu mengatakan, Gunung Arca, Kecamatan Sukamakmur, memiliki sumber kopi yang melimpah. Karena itu, kopi Arabica dan Robusta yang ia jual diambil dari lokasi itu. “Kami mengambil semua saat masih biji merah untuk kemudian prosesnya dilakukan di sini,” kata Ismu, Senin (14/09/20).

Agar tampil beda dengan kopi lain yang dijual pada umumnya, ia pun mengemas kopi yang telah diolah dalam sebuah kemasan kaleng. “Kita ingin beda dengan kemasan lain dan misi kita adalah ini bisa menjadi oleh-oleh khas Bogor karena ini kopi asli Bogor,” ucapnya.

Untuk harga lanjut Ismu, roast bean kemasan Robusta per kilonya mulai dari  Rp150 ribu sedangkan Arabica Rp225 ribu. Sementara untuk kemasan 120 gram dalam kaleng dibanderol dengan harga Rp40 sampai dengan Rp55 ribu.

“Untuk pemasaran, selain memasok ke toko oleh-oleh di Bogor, saya juga menjualnya di toko online. Di samping itu, Rumah Kopi Bogor ini bukan sekadar kedai tetapi membawa misi yakni mengenalkan kopi asal Bogor,” ungkapnya.

Ismu menceritakan, usaha yang ia jalani ini berawal dari coba-coba mengolah biji kopi. Belajar roasting sendiri hingga membeli alat-alat sendiri untuk mengolah biji kopi. Ia pun memperoleh dua sertifikasi sebagai roaster pengolah kopi dari AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia).

“Kini kopi bukan hanya budaya tapi sudah menjadi gaya hidup modern yang dinikmati semua kalangan baik kalangan bawah maupun kalangan atas, baik tua maupun anak muda. Trend itulah yang membuat saat ini kedai kopi semakin menjamur dalam mempopulerkan minuman kopi,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.