Parade dan Lelang Layang-layang Cara Karang Taruna Pamegarsari Galang Dana untuk Yatim Piatu

0 167

Heibogor.com – Karang Taruna Pamegarsari bersama Komunitas Sahabat Koang 03 melakukan penggalangan dana untuk anak yatim piatu dan dhuafa se-Desa Pamegarsari dengan menggelar parade dan lelang layang-layang kreasi berbagai model dan ukuran di Villa Gading Royal, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Acara hiburan untuk amal ini, akan berlangsung selama dua minggu mulai dari tanggal 6 sampai 19 September 2020.

Salah satu panitia dari Sahabat Koang 03, Fahrul menjelaskan, ini adalah kegiatan bersama Sahabat Koang 03 dengan Karang Taruna Pamegarsari yang pertama kali dilakukan. Tujuannya menggalang dana untuk diberikan kepada anak yatim piatu dan dhuafa yang ada di Desa Pamegarsari.

“Jadi, penggalangan dana yang kita lakukan di sini dengan cara lelang layangang kreasi yang ditampilkan dalam parade layang-layang. Kemudian ada juga bazar pakaian yang hasilnya semua akan kita sumbangkan,” terangnya, Minggu (13/9/20).

Acara ini lanjutnya, selain diikuti oleh warga dari Desa Pamegarsari, juga diikuti oleh warga dari Desa Waru Jaya, Waru Induk, Desa Parung, Pondok Cabe, dan Sawangan Depok. Kurang lebih ada sekitar 50 layangan kreasi yang diterbangkan dan rencananya ini akan dirutinkan setiap tahun dengan tajuk yang berbeda beda.

“Layangan yang dilelang ke warga ini ada delapan buah berjenis celepuk dan bapangan berukuran 2 meteran. Satu buahnya kita lelang seharga Rp200 ribu. Semoga ini menjadi ladang amal bagi kita semua dan meningkatkan kesadaran kita untuk lebih peduli dalam membantu sesama,” ucapnya.

Sementara, salahsatu joki layangan Bahrul Irfan mengatakan, layangan kreasi yang dimainkan di sini bermacam-macam seperti layangan naga raja, celepuk, bapangan, calung warna-warni, sepeda, ular kobra, peta Indonesia, dan masih banyak lagi. Karena berukuran besar, layangan ini harus dinaikkan oleh beberapa orang. Jarak menarik untuk diterbangkannya pun harus jauh minimal 150 meter.

“Layangan yang paling panjang di sini yaitu layagan naga raja dengan panjang ekor hingga 6 meter. Layangan ini, dinaikkan oleh 3 sampai 4 orang dan memainkannya harus pakai sarung tangan agar tangan tidak panas dan sobek karena ini pakai tambang sebagai kenurnya,” kata Tebo panggilan akrabnya.

Ia menambahkan, selain dimainkan biasa, Sahabat Koang 03 juga sering mengikuti berbagai kompetisi-kompetisi layangan kreasi di sejumlah daerah bahkan menjadi juara tingkat kecamatan hingga jabodetabek di beberapa kontes tersebut.

“Selain pemain layangan di sini kita juga memproduksi layangan kreasi berbagai model dan ukuran tergantung permintaan pemesan. Layangan kreasi ini, dipasarkan secara langsung maupun secara daring ke sejumlah daerah di wilayah Bogor dan Depok. Jadi, kita masih bisa produktif dan berkreatifitas di tengah kemarau dan pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.