Disdik Pasang Sambungan Internet di 39 Desa Permudah Belajar Jarak Jauh

0 33

Heibogor.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana memasang wifi di sejumlah titik untuk mendorong proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) murid sekolah yang terkendala akses internet.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana usai mengikuti Rapat Koordinasi Bupati Bogor di Gedung Bappenda, Cibinong, Kabupaten Bogor. Ia menyebut sedikitnya 30 hingga 50 titik akan dipasang wifi.

“Bupati memperintahkan untuk memasang wifi di beberapa kecamatan yang memang terkendala internet untuk PJJ ada 30 sampai 50 titik,” kata Atis, Senin (31/8/20).

Sedikitnya 39 desa dari 11 kecamatan di Kabupaten Bogor akan dipasang wifi. Namun, Atis belum mau menyebut kesebelas kecamatan tersebut karena masih dalam pembahasan.

“Belum ditetapkan, tapi ada 39 desa di 11 kecamatan. Salah satunya belum disebut. Kemungkinan di daerah perbatasan. Sepertinya wilayah Bogor Barat dan Bogor Timur. Prioritasnya yang masih minim internet,” ungkapnya.

Nantinya, besar kemungkinan wifi tersebut akan dipasang sekitar masjid besar. Karena, kata Atis, Masjid termasuk dalam fasikitas umum (fasum) dan buka selama 24 jam lamanya sehingga murid dapat belajar kapan saja.

“Kabupaten Bogor mau tidak mau harus serupa dengan Kota Bogor. Daerah mana yang priotitas, September ini harus jalan,” sambungnya.

Diketahui, pelajar sekolah saat ini tengah menerapkan sistem kombinasi belajar secara daring dan luring. Untuk luring, pembelajaran dilakukan secara terbatas 6 hingga 8 murid datang ke sekolah atau rumah guru secara berkelompok dan bergilir dengan murid lainnya.

Di samping itu, Atis menegaskan hingga kini belum ada laporan ada sekolah di Kabupaten Bogor yang sudah menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka langsung.

“Tatap muka kita lihat belum ada, itu PJJ yang dibatasi tadi 8 orang diberi tugas. Kalau tatap muka belum ada,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.