Pelajar Dapat Pembekalan Wawasan Kebangsaan di Akademi Merah Putih

0 27

Heibogor.com – Puluhan pelajar dari berbagai sekolah di kota dan kabupaten Bogor, mendapat pembekalan wawasan kebangsaan di kegiatan Akademi Merah Putih yang dilangsungkan di Lanud Atang Sendjaja (Ats), Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jumat (28/8/20).

Di sini, para pelajar mendapatkan materi tentang kebangsaan di sejumlah lokasi yakni di Tugu Lembu Andini, Binpot Dirga, kemudian di Hanggar Fasi, Skadron Udara 8, dan titik terakhir pembekalan materi diberikan di Skadron 6.

Wakil Ketua FMP 2020, Samsudin mengatakan, sejak dua pekan terakhir ratusan pelajar Bogor mengikuti Akademi Merah Putih baik secara daring dan tatap muka. Akademi Merah Putih ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Festival Merah Putih 2020.

“Tahun lalu kegiatan yang melibatkan pelajar itu bernama Kemah Kebangsaan, karena tahun ini ada pandemi Covid-19, konsep kegiatan Kemah Kebangsaan Festifal Merah Putih diubah menjadi Akademi Merah Putih,” jelasnya.

Samsudin mengatakan, setiap kegiatan daring selalu menekankan pengetahuan kepada generasi milenial tentang bagaimana mencintai Indonesia, dan bagaimana menumbuhkan rasa nasionalisme dengan menyuguhkan video yang dikumpulkan dari para tokoh, dan para ahli yang tentunya menguasai bidang yang mereka paparkan.

Video tersebut, kata dia, dapat dilihat pada unggahan di youtube. Sedangkan untuk kegiatan di Lanud Ats hanya mengundang 50 orang perwakilan pelajar Bogor untuk mendapatkan materi tentang nasionalisme, gotong royong dan kedirgantaraan.

“Jadi, dari mulai berkumpul, datang, mereka mendapatkan materi tentang kedirgantaraan khususnya angkatan udara mulai dari pesawat, ACT, Basarnas dan fashion show kaitan dengan seragam personil dan ada juga melihat pesawat langsung. Upaya dan harapan kita kegiatan ini bisa terus memupuk rasa nasionalisme, persatuan dan gotong royong,” tukasnya.

Sementara, Danlanud Atas Marsma TNI Eding Sungkana menjelaskan, para pelajar itu diberikan materi kebangsaan sekaligus tentang Kedirgantaraan TNI Angkatan Udara. Hal itu dimaksudkan untuk memupuk kecintaannya terhadap Tanah Air.

“Kita jelaskan gambaran aktivitas Lanud ATS yang merupakan satu-satunya unsur militer udara yang ada di Bogor. Di mana, Lanud Ats memiliki tiga satuan besar plus pemeliharaan, Squadron Udara 6, Squadron 8 dan Basarnas. Kita tunjukan bagaimana pilot-pilot ini dilatih sedemikian rupa. Saya berharap dengan meningkatnya pemahaman tentang kebangsaan dapat memupuk rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia,“ pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.