Warga Kampung Sawah Semarakkan HUT RI ke-75 Lewat Beragam Atraksi

Bertabur Ornamen Merah Putih dan Kesenian Tradisional

0 69

Warga Kampung Sawah RT 01/RW 11, Kelurahan Cimahpar, Bogor Utara, menyemarakkan hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia dengan cara yang unik dan menarik. Di hari bersejarah bangsa Indonesia yang jatuh pada Senin, 17 Agustus di tahun ini, warga menggelar parade budaya bertema kemerdekaan yang diikuti anak-anak hingga orang tua.

Acara yang digelar secara sederhana tapi meriah dengan menerapkan protokol kesehatan itu yakni tari jaipong, arak-arakan warga dengan memakai kostum unik diiringi ibu-ibu berpakaian daster, penampilan Ki Lengser, upacara kenaikan bendera merah putih yang diikuti seluruh warga, menonton bersama (nobar) peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara secara online, peresmian gapura hingga penancapan bendera merah putih di anak Sungai Ciliwung sebagai bentuk kampanye jaga sungai dari pencemaran lingkungan.

Kreator acara, Amboy menjelaskan, pesta warga dalam merayakan hari kemerdekaan ini, adalah hasil kreasi dan kekompakan warga di RT 01. Ia mengungkapkan, baru tahun ini, kampungnya memeriahkan hari kemerdekaan RI dengan beragam acara termasuk menghias kampung dengan berbagai ornamen dan pernak pernik khas perayaan kemerdekaan.

“Ini kami persiapkan satu bulan sebelum 17 an. Tepatnya dari pertengahan bulan Juli dan baru di tahun ini kami membuat seperti ini. Ini semua adalah hasil swadaya dan gotong royong warga,” ucapnya.

Ia pun merasa bangga dengan kekompakan warga yang sangat semangat untuk memeriahkan hari kemerdekaan di tahun ini baik dalam hal menghias kampung ataupun menyiapkan acara parade budaya sebagai pesta warga.

“Warga di sini sangat antusias menyambut HUT kemerdekaan RI dan Alhamdulillah warga di sini khususnya para pemuda sangat kompak. Saya berharap tradisi yang bisa menghibur sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan kreasi warga ini bisa terus berjalan di tahun-tahun berikutnya,” harapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.