Kompaknya Warga Kampung Sawah Sambut HUT RI Lukis Bung Karno hingga Hiasi Ornamen Merah Putih

0 114

Heibogor.com – Jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, nuansa warna merah dan putih semakin kental terlihat di setiap sudut kota untuk memeriahkan hari bersejarah bangsa Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus nanti. Setiap wilayah pun seakan berlomba lomba mendandani lingkungannya dengan beragam ornamen khas peringatan kemerdekaan.

Salah satu ornamen unik bertema kemerdekaan terdapat di wilayah Kampung Sawah, Kota Bogor. Di kampung tersebut warga berkreasi membuat ornamen unik yang dipajang di depan jalan masuk kampung. Menariknya, ornamen-ornamen tersebut dibuat dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Kreator ornamen hias, Boy menjelaskan, ornamen dalam bentuk monumen ini, ia buat dari bahan-bahan limbah yang sudah tidak terpakai seperti limbah kardus, kantong semen, paralon, strerofoam, plastik dan bambu. Pembuatannya kurang lebih selama satu minggu untuk satu ornamen.

Ornamen yang dibuat sambungnya, ada monumen tentara TNI lengkap dengan senjata dan baju lorengnya. Kemudian ada helikopter sepanjang 3 m, tank berukuran 1,5 m, meriam, ada juga lukisan Bung Karno, Bung Hatta, Jenderal Sudirman, terowongan dari bambu yang dihiasi lampu warna warni dan pernak pernik lainnya dari botol dan gelas plastik.

“Jadi, ini hasil swadaya warga mengumpulkan dana dan barang bekas untuk membuat ornamen dan hiasan lainnya. Kekompakan warga khususnya para pemuda yang secara gotong royong memeriahkan hari kemerdekaan ini, menjadi bukti kecintaan mereka terhadap tanah air,” ungkapnya, Jumat (14/8/20).

Sementara, Ketua RT 01, Uwoh menuturkan, baru tahun ini, kampungnya memeriahkan hari kemerdekaan RI dengan menghias kampung seperti pemasangan umbul-umbul, pembuatan gapura, terowongan, ornamen dan pernak pernik lainnya khas peringatan kemerdekaan.

“Ini kami kerjakan satu bulan sebelum 17 an. Tepatnya dari pertengahan bulan Juli. Dan baru di tahun ini kami membuat seperti ini. Ini semua adalah hasil swadaya dan gotong royong warga,” ucapnya.

Ia pun merasa bangga dengan kekompakan warga yang secara swadaya dan gotong royong berpartisipasi memeriahkan hari kemerdekaan.

“Warga di sini sangat antusias menyambut HUT kemerdekaan RI dan Alhamdulillah warga di sini masih kompak. Saya berharap tradisi yang bisa menghibur sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan kreasi warga ini bisa terus berjalan di tahun-tahun berikutnya,” harapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.