Festival Merah Putih Kembali Dihelat Usung Tema Gotong Royong Bangun Negeri

0 42

Heibogor.com – Event tahunan Festival Merah Putih (FMP) akan kembali dihelat di Kota Bogor. Hal tersebut disampaikan Ketua FMP 2020, Darwin Darmawan saat menggelar konferensi pers di kantor Wali Kota Bogor, pada Kamis (30/7/20).

Darwin menyampaikan, memasuki tahun ke-5, FMP tahun ini mengusung tema gotong royong membangun negeri. Event yang menjadi simbol pemersatu bangsa karena melibatkan berbagai pihak dalam kegiatannya ini, ditargetkan bakal menasional dan dipastikan tetap meriah seperti tahun sebelumnya.

“FMP tahun ini memang berbeda sekaligus menjadi tantangan lantaran berada dalam masa pandemi Covid-19. Dari itulah tema gotong royong membangun negeri kita usung. Kami ingin agar FMP menjadi identitas spirit kolektif yang menolong kita untuk bahu membahu, solidaritas dan gotong royong melewati pandemi Covid-19 ini,” paparnya.

Darwin menuturkan, ada dua hal yang relevan dari tema tersebut yang mau dicapai. “Pertama, kita ingin semangat gotong royong yang menjadi spirit kolektif masyarakat Indonesia memungkinkan kita tetap bersatu sebagai sebuah bangsa. Kedua, pihaknya ingin FMP ini memaknai nasionalisme dalam arti gotong royong dan solidaritas terlebih di masa pandemi Covid-19. Kita punya nilai gotong royong yang baik dalam satu bangsa. Kalau ini bisa dihidupkan maka beban berat bisa kita gotong sama-sama,” ucap Darwin.

Berbagai kegiatan sambung Darwin, sudah dilakukan sejak sebulan lalu dan sampai saat ini masih terus bergerak untuk persiapan pembukaan secara virtual pada 3 Agustus.

Beberapa kegiatan yang sekarang sudah mulai seperti video yang merekam wajah merah putih di pilar-pilarnya Lawang Salapan. Kemudian nanti ada pengibaran dan penurunan bendera merah putih setiap harinya pada pagi dan sore oleh Muspida dan organisasi kemasyarakatan selama Agustus. Kegiatan lainnya, pemasangan 17.845 umbul-umbul yang tersebar di kota dan kabupaten Bogor. Ada juga paduan suara FMP yang dilakukan secara virtual.

“Sampai saat ini sudah ada 1.700 sekian video yang masuk berpartisipasi menyayikan lagu-lagu nasional. Dan salah satu lagu Hari Merdeka akan dinyanyikan saat upacara penaikan dan penurunan bendera di Istana Negara,” imbuhnya.

Darwin juga menambah, bahwa ada kegiatan FMP yang memang menjadi fokus pada tahun ini, yaitu edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat. Pihaknya akan membagikan 17.845 masker merah putih.

“Di samping itu, ada pembagian paket sembako untuk daerah-daerah yang kita anggap berhasil menekan penyebaran angka Covid-19 di Bogor dan memberikan penghargaan terhadap tenaga medis sebagai bentuk apresiasi,” tandasnya.

Masih dalam kegiatan secara virtual, FMP akan dimeriahkan dengan berbagai lomba, seperti lomba melukis batik khas Bogor dan lomba menulis cerita merah putih yang melibatkan pelajar se-kota dan kabupaten Bogor.

“Ada juga sekolah kader merah putih secara virtual. Kegiatan ini memproduksi video-video yang cocok untuk kalangan milenial tapi bertemakan kebangsaan. Selain itu, virtual marching band,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.