Rumah Terraria, Oase Sekaligus Pusat Layanan Terlengkap bagi Para Penyayang Anjing

Satu-satunya Tempat Penitipan Terluas bagi Anjing Peliharaan

0 87

Heibogor.com – Suasana asri, sejuk dan tenang dengan udara yang bersih karena jauh dari keramaian dan polusi, serta dikelilingi pepohonan yang rindang dengan kicauan burung di dahan pohon menjadikan tempat yang satu ini sangat pas dipilih sebagai tempat penginapan dan rekreasi. Ya, hotel dan tempat rekreasi yang bernama Rumah Terraria ini berlokasi di Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Parung, Kabupaten Bogor.

Selain suasananya yang asri dan nyaman, hotel besar dan luas ini juga menyediakan berbagai fasilitas dan layanan berkelas untuk dinikmati. Namun, penginapan megah dan berkelas ini, bukan ditujukan untuk manusia tapi diperuntukkan khusus anjing peliharaan.

Dirintis sejak tahun 2004 oleh Yudiyanto Tasma, awalnya kandang yang ia miliki tersebut hanya untuk hewan peliharaannya saja. Karena banyaknya usulan dari kawan-kawan pecinta anjing agar dibuat tempat penitipan akhirnya di tahun 2008 Rumah Terraria ini membuka tempat penitipan anjing peliharaan untuk umum.

Ada puluhan anjing (ras/non-ras) berbagai jenis yang dititipkan dan dilatih seperti Anjing Kintamani, Samoyed, Beagle, Retriever, hingga St. Bernard, Rottweiler, ras Siberian Husky dan Beagle. Termasuk tipe Anjing penjaga seperti Doberman, Labrador, Rottweiler, Herder, dan masih banyak lagi. Andi/heibogor.com

Hunian dengan luas lahan 5000 meter persegi ini, memiliki 200 kandang dengan dua ukuran yakni ukuran 2×2 meter dan kandang VIP berukuran 6×2 meter. Kemudian terdapat satu kolam renang, lapangan yang luas untuk bermain, tempat perawatan (grooming), pelatihan, penitipan, jasa pawang pemacakan dan pembiakan yang diperuntukkan khusus anjing. Semuanya ditangani oleh tenaga profesional dan para dog-lover sehingga Anjing akan diperlakukan layaknya tamu di hotel berbintang.

Saat berkunjung ke tempat ini, ada puluhan Anjing (ras/non-ras) berbagai jenis yang dititipkan dan dilatih seperti Anjing Kintamani, Samoyed, Beagle, Retriever, hingga St. Bernard, Rottweiler, ras Siberian Husky dan Beagle. Termasuk tipe Anjing penjaga seperti Doberman, Labrador, Rottweiler, Herder, dan masih banyak lagi.

Yudiyanto menjelaskan, konsep “One Stop Dog’s Entertainment” ini berorientasi pada kenyamanan fisik dan psikis dari Anjing yang dititipkan. Sehingga Anjing dapat melakukan aktivitas dan berinteraksi dengan lingkungan senyaman mungkin. Kelebihan hotel khusus Anjing ini, selain dari tempat dan layanan juga ada kafe serta ruang khusus dokter hewan.

“Kami merasa Anjing peliharaan itu bagian dari keluarga. Hewan yang sangat setia, pintar, lucu, dan menyenangkan. Pengunjung tidak perlu khawatir Anjingnya akan stres ketika dititipkan di sini, malah anjing kesayangannya akan betah dan gembira karena Rumah Terraria memilliki area outdoor luas untuk anjing bermain,” ucapnya, Minggu (5/7/20).

Biaya penitipannya pun terbilang murah, sambung pria yang biasa dipanggil Yudi ini, yakni mulai dari Rp 95-140 ribu. Harga penitipan anjing di sini dibedakan berdasarkan ukuran anjing. Yang kecil (0-5 kg) dipatok Rp95 ribu/hari. Ukuran sedang (5-15 kg) Rp110 ribu/hari, ukuran besar (15-30 kg) Rp125 ribu/hari, dan sangat besar (lebih dari 30 kg) Rp140 ribu/hari.

Harga penitipan tersebut sudah termasuk biaya makan dua kali sehari. Makanan yang diberikan pun khusus dan berkualitas. “Kami mandikan bersih (grooming) juga dan setiap pagi dan sore mereka kita keluarkan dari kandang untuk diajak bermain. Untuk jam berkunjung dari jam 09.00-17.00 WIB,” terangnya.

Rumah Terraria ini membuka tempat penitipan anjing peliharaan untuk umum. Andi/heibogor.com

Setiap Sabtu dan Minggu kata Yudi, fasilitas rekreasi di taman bermain dipergunakan untuk para anjing bersosialisasi dengan yang lainnya, termasuk berenang, dan grooming. Nah, untuk pelatihan agar anjing memiliki kepatuhan dasar, Rumah Terraria mempunyai paket pelatihan selama tiga bulan. Pelatihan ini tidak hanya ditujukan bagi anjing tapi pemiliknya pun harus ikut agar hewan peliharaan tersebut nanti patuh ke pemiliknya, bukan ke pelatihnya.

Pelatihan dasar yang diberikan seperti sosialisasi, toilet training, kepatuhan dasar sepert sit (duduk dalam posisi benar), stay (diam), down (tiarap dalam posisi benar), no (larangan), heel (berjalan di posisi yang benar), good (pujian), sit stay (duduk diam), come (panggilan/datang menghampiri), down stay (tiarap dan diam) dan obedience training. Untuk basic dasar, usia anjing yang dilatih mulai dari 3 bulan sampai 3 tahun. Lebih dari itu, tergantung karakter anjingnya.

Yudi menegaskan, jika dalam pelatihan pemilik tidak berperan aktif pihaknya tidak bisa menjamin anjing akan bisa patuh saat kembali ke rumah. Karena pernah ada pemilik yang komplain anjingnya tak nurut saat dibawa pulang ke rumah. Hal itu disebabkan karena sang pemilik tidak pernah datang saat masa pelatihan. Padahal pemilik anjing bebas untuk mengunjungi hewan kesayangannya.

“Di dalam pelatihan anjing harus diinapkan di Rumah Terraria selama tiga bulan. Harga pelatihan selama tiga bulan sebesar Rp 10 juta. Itu sudah include pengecekan dokter, dijamin makanannya, mandi bersih, diberi obat cacing, dan perawatan lainnya. Pemilik minimal harus ikut latihan seminggu tiga kali. Lebih sering lebih bagus. Kami juga memiliki fasilitas transportasi ber-AC untuk antar-jemput anjing untuk wilayah Jabodetabek. Biaya transportasi berdasarkan wilayah atau lokasi yang dituju,” jelasnya.

Yudi mengatakan, paling sering Rumah Terraria menerima penitipan. Umumnya faktor orang menitipkan Anjing di sini ada tiga yakni pertama, sedang renovasi rumah. Kedua, faktor pekerjaan atau kesibukan sehinggga anjing kurang perhatian dan tidak terurus dengan baik. Ketiga, faktor lingkungan yang melarang.

Ia menceritakan, pernah ada anjing kampung yang dititipkan oleh pemiliknya selama tiga tahun karena di komplek perumahannya tidak membolehkan ada anjing. Jadi, dia menitipkannya kepada kami.  Namun, secara berkala pemiliknya selalu datang setiap minggu untuk menengok hewan peliharaannya.

Semuanya ditangani oleh tenaga profesional dan para dog-lover sehingga Anjing akan diperlakukan layaknya tamu di hotel berbintang. Andi/heibogor.com

Selain sebagai tempat penitipan, pelatihan, dan perawatan, Rumah Terraria juga sering dipakai sebagai tempat kumpul-kumpul para artis dan komunitas pecinta anjing. Terlihat ada sejumlah foto yang dipajang seperti model Aline dan Davina, Teungku Zaky, Jeremy Thomas, Ruhut Sitompol, Lucky Hakim, dan masih banyak lagi.

“Di sini kita menawarkan paket harian, bulanan, dan tahunan. Tempat ini juga bisa disewa untuk acara ulang tahun anjing, party khusus anjing dengan sistem booking. Paling ramai dibooking itu, biasanya tahun baru dan lebaran. Rata-rata yang datang itu dari Jabodetabek,” bebernya.

Dalam tahun ini, sambungnya, ia akan menambah lagi kapasitas kandang sebanyak 50. Karena sejak ada kelonggaran PSBB ini, ada peningkatan permintaan khususnya untuk perawatan.

“Masa kini banyak pemilik anjing tidak memiliki waktu untuk berinteraksi dengan anjingnya. Apalagi untuk melatihnya. Itulah yang melatarbelakangi hadirnya Rumah Terraria ini sebagai tempat semacam oase bagi para penyayang anjing dan juga bagi hewan itu sendiri di tengah makin minimnya kualitas hidup anjing-anjing rumahan saat ini. Karena Anjing juga butuh bermain dan perhatian. Harapan kami Rumah Terraria ini, bisa jadi tempat bagi orang yang butuh pelayanan untuk anjing kesayanganya,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.