Mulut Sehat Dapat Pertahankan Daya Tahan Tubuh Lawan Virus dan Bakteri

0 31

Heibogor.com –  Mmeriksakan gigi dan mulut di tengah kondisi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ini memang harus ditunda dahulu. Namun, penting bagi setiap orang untuk menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut.

Kepala Puskesmas Bogor Utara, Drg. Astrid Dewi Prabaningtyas saat ditemui heibogor.com disela-sela kegiatan di Kecamatan Bogor Utara, Selasa (23/06/20) menyebutkan selama pandemi menjaga kebersihan dan kesehatan gigi harus semakin rajin, agar mengoptimalkan kekebalan tubuh. Mulut yang sehat dapat mempertahankan daya tahan tubuh untuk melawan virus dan bakteri.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan mulut dan mencegah terjadinya penyakit gusi adalah dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari secara rutin,” ucapnya.

Dia kemudian menyarankan kumur dengan air garam untuk meredakan nyeri dalam pertolongan pertama pada gigi. Takarannya, dalam gelas berukuran 200-250 cc, masukkan 1/2 sendok teh garam, lalu tambahkan air hangat, aduk lalu berkumurlah. Lalu jika membutuhkan obat, maka bisa meminum paracetamol karena cenderung aman.

“Dengan begitu, kondisi di luar itu seperti pembersihkan karang gigi atau scalling tidak diperkenankan. Tindakan scalling karena alatnya banyak mengeluarkan aerosol. Droplet sangat dekat pada dokter. Aerosol di udara lumayan lama bertahan,” paparnya.

Dia juga menjelaskan, banyak orang yang menyepelekan menggosok gigi sebelum tidur.”Sama pentingnya dengan menyikat pagi, sebelum tidur itu juga membantu membasmi bakteri atau kuman yang menempel di mulut serta gigi,” kata dokte.

Bakteri dan kuman itu muncul akibat dari sisa makanan yang sudah disantap sebelum tidur. Bakteri atau kuman ini juga bisa tumbuh dan berkembang. Kemudian menjadi plak, lalu menumpuk. “Jika dibiarkan, maka plak-plak disertai bakteri atau kuman yang menempel di gigi dan gusi itu akan berisiko sekali membuat gigi menjadi berlubang serta penyakit gusi,” imbuhnya.

Adtrid menekankan agar meluangkan waktu tidak lebih dari lima menit untuk menggosok gigi sebelum tidur. “Apalagi kalau habis makan atau ngemil, itu sangat potensi jadi plak dan sarang bakteri,” ucapnya. (rhm)

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.