Cara Pemuda Setempat Jaga Gunung Tela Bersih dari Sampah Pengunjung

0 56

Heibogor.com – Hamparan pepohonan hijau membuat indra penglihatan berdecak kagum dengan keindahan suasana di Gunung Tela yang terletak di Desa Banyuwangi, Kabupaten Bogor. Gunung Tela yang belakangan ini hits sebagai salah satu lokasi menarik untuk mengabadikan foto dengan berlatar belakang di perkebunan teh atau duduk santai menanti matahari terbit maupun terbenam.

Namun, dibalik keindahannya yang membuat tampilan instagenic di platform media sosial masih banyak menyisakan sampah di lokasi tersebut. Hal tersebut membuat sejumlah pemuda dari Kampung Susukan Inpres, Susukan Girang dan anggota karang taruna Desa Banyuwangi mengadakan aksi bersih sampah pada Minggu (21/6/20).

Mereka juga membersihkan sampah di area penghijauan area bukit tersebut sejak pagi pukul 08.00 WIB dan memasang beberapa papan peringatan (patok) untuk tidak membuat sampah sembarangan di setiap titik-titik potensial orang membuang sampah.

Mereka mengumpulkan tumpukan sampah rumah tangga dan sampah lainnya dan memasukkan sampah tersebut ke dalam karung dan sampah yang dihasilkan dari kegiatan tersebut lebih dari 1 kuintal.

Ketua pemuda setempat sekaligus warga Kampung Susukan, Jibun Mukri menuturkan, dirinya mengerahkan pemuda untuk mengikuti kegiatan itu karena terpanggil untuk ikut menjaga kelestarian destinasi wisata perkebunan tersebut. Sampah yang terkumpul didominasi kantong plastik, bungkus rokok, dan botol bekas air mineral.

“Acara ini terselenggara atas kesadaran para pemuda akan pentingnya menjaga kebersihan alam, sangat positif semoga ke depanya bisa rutin dilakukan minimal seminggu sekali dan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat akan peduli terhadap lingkungan dan kelestarian alam, ” katanya, Minggu (21/6/20).

Sementara itu, seorang penjaga kawasan perkebunan di Stasiun Transmisi TVRI,  Kim Abdul berharap Semoga adanya perhatian yang serius untuk pengelolaan kawasan tersebut sehingga potensi wisata yg ada di Desa Banyuwangi bisa dikelola dengan baik dan bisa membantu ekonomi masyarakat sekitar.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.