Warga Wajib Masker Saat di Tempat Umum!

0 38

Heibogor.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan mulai memberlakukan zona wajib masker di setiap intansi pemerintahan baik tingkat desa dan kecamatan dan tempat-tempat umum lainnya.

“Kita sosialisasikan dengan menempelkan stiker di tempat umum, di mana tidak menggunakan masker dilarang masuk. Baik kantor Desa, kantor kecamatan dan kantor pelayanan lainnya,” kata Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan beberapa waktu lalu.

Peraturan Bupati (Perbup) PSBB Proporsional tersebut, kata Iwan, telah disosialisasikan secara langsung dengan pihak 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Selain kantor pelayanan, restoran, hotel, vila dan tempat wisata pun turut menjadi perhatian agar ditetapkan sebagai zona wajib masker dan mengindahkan protokol kesehatan.

“Secara teknis, apa saja yang boleh dan tidak boleh saat aturan PSBB ini, kita sudah meminta kepada kades. Contoh lainnya seperti restoran, hotel, vila dan tempat wisata agar protokol kesehatan harus diterapkan seperti menggunakan masker,” jelasnya.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar PSBB Proporsional di Kabupaten Bogor ini dapat berjalan dengan efektif. Sehingga, dapat menurunkan angka reproduksi efektif (Rt) di bawah satu untuk dapat masuk ke fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal.

Sekedar diketahui angka (Rt) Kabupaten Bogor masih berada di angka 1,8 berdasar data Pemprov Jawa Barat.

Apalagi lanjut Iwan, saat ini Pemkab Bogor sedang berupaya keras untuk merendahkan angka reproduksi efektif (Rt) agar bisa di fase satu atau turun. Karena, data terakhir dari Pemprov Jabar Kabupaten Bogor masih diangka 1,8 Rt.

Bila berakhirnya PSBB Proporsional pada 2 Juli 2020 nanti angka (Rt) masih di atas satu. Besar kemungkinan akan AKB atau new normal gagal diterapkan dan akan kembali ke PSBB seperti semula.

“Saya juga minta kepada masyarakat, agar menahan diri dulu. Ayo sama-sama kita menuju New Normal. Saat ini angka reproduksi efektif kita masih di atas satu. Kalau masih terus begini jangan harap New Normal,” tegasny

“Kalau mau new normal, maka angka (Rt) harus di bawah satu. Kalau masih terus begini jangan harap new normal. Jangan sampai kita balik lagi ke PSBB,” tegasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.