Ular Sanca Batik 3,5 Meter Bikin Heboh Warga Tajur Kini Diamankan Petugas Damkar

0 32

Heibogor.com – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor mengamankan seekor ular sanca sepanjang 3,5 meter yang ditangkap di sebuah rumah warga di wilayah Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kamis (18/6/20) pagi.

Salah satu petugas Damkar Kota Bogor, Toni yang mengevakuasi ulat tersebut mengatakan, dari laporan ular ini ditangkap Rabu (17/06/20) tadi malam oleh Asep. Setelah ditangkap ular ini disimpan di laci salah satu staf Kelurahan Tajur, Bogor Timur, Kota Bogor.

“Ya, Pak Asep ini salah satu staf di Kelurahan Tajur. Dia memang sudah biasa menangkap dan menangani ular. Setelah ditangkap, dia simpan di laci meja kerja kelurahan,” katanya.

Selanjutnya, ular tersebut akan diberikan perawatan karena ada beberapa luka di tubuhnya. “Jika nanti sudah sehat kami akan diserahkan ke komunitas yang biasa menampung ular seperti ini atau bisa juga kami lepas ke tempat yang nyaman dan aman buat ular sanca batik ini hidup karena ular ini masuk kategori jenis tak berbahaya,” jelasnya.

Toni menambahkan, dengan diamankannya ular ini, sudah ada tiga ular yang diberikan perawatan di markas komando (mako) Damkar. “Ular pertama ditangkap pada bulan September di atap rumah warga di daerah Batutulis. Ular kedua ditangkap di drainase di Jalan Binamarga. Dan yang ketiga ular ini. Jenis dan panjangnya semua sama yakni jenis sanca dengan panjang 3 sampai 4 meter,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Marse Hendra Saputra menegaskan, pihaknya menerima laporan ada ular jenis sanca batik di Kelurahan Tajur. Ular itu, sudah diamankan oleh staf kelurahan tadi malam tapi karena bingung mau dikemanakan jadi diamankan di laci Kelurahan Tajur. Setelah itu, baru mereka menghubungi pihak damkar.

“Ular diamankan di tempat penampungan di damkar. Saat ini, di tempat penampungan ada empat ular. Satu ular jenis kobra sudah kita serahkan ke Badan Konservasi (BKSDA),” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.