Antisipasi Klaster Baru Pedagang dan Pengunjung Pasar Cibinong Ikut Tes Massal Cepat Covid-19

Empat Orang Reatif

0 42

Heibogor.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) mengadakan tes cepat massal bagi pedagang Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (17/6/20) yang bertujuan mengetahui penyebaran Covid-19 di pusat keramaian salah satunya pasar.

“Tersedia 1.000 alat rapid dan swab tes karena pasar ada 1.000 kios 700 hingga 800 pedagang guna mengetahui terjadi klaster baru atau tidak,” kata Staf Khusus KaBIN, Mayjen TNI Purn Neno Hamriono.

Neno menyebut hingga pukul 9.25 WIB terdapat 1 orang reaktif Covid-19 dari ratusan sampel yang diambil dari pedagang dan pengunjung pasar. Bila animo masyarakat masih tinggi, dan hasil reaktif rapid di atas 10 persen maka akan dilanjut hingga dua hari berikutnya.

Tes cepat massal memutus mata rantai penularan virus agar Pasar Cibinong tidak menjadi klaster baru seperti Pasar Cileungsi. Mikail/heibogor.com

Hal ini bentuk sumbangsih nyata BIN dan Pemkab guna memutus mata rantai penularan virus agar Pasar Cibinong tidak menjadi klaster baru seperti Pasar Cileungsi. Sementara, hingga pukul 10.15 berdasarkan data monitoring update di lokasi terdapat 4 orang reaktif Covid-19 dari 193 total sampel yang diambil. “Nanti yang reaktif kita lanjut swab 5 sampai 6 jam agar memperoleh hasil detailnya,” jelasnya.

Sementara, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan tes tersebut sebagai bentuk antisipasi terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di pasar mengingat angka positif di Klastet Pasar Cileungsi terus bertambah. “Karena Pasar Cileungsi besar positifnya, kita khawatir di Pasar Cibinong seperti itu makanya kita cepat merespon. Mudahan kita dapat menurunkan angka positif dengan pelacakan (tracking) yang cepat,” jelasnya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.